uefau17.com

Selain Opor, 5 Menu Ini Bisa Jadi Hidangan Khas Lebaran yang Tak Kalah Istimewa - Regional

, Jakarta - Opor ayam, rendang, sambal goreng hati menjadi hidangan khas Lebaran. Namun di samping itu, ada beberapa hidangan lain yang cocok untuk disajikan saat Hari Raya nanti.

Lebaran sebentar lagi. Salah satu hal yang biasa dilakukan saat Hari Raya Idul Fitri adalah makan bersama keluarga setelah bersilaturahmi. 

Biasanya, hidangan yang disajikan saat Lebaran adalah kupat dan berbagai makanan bersantan yang gurih dan berlemak. Namun jika bosan untuk membuat hidangan yang sama setiap Lebaran, rasanya tidak salah jika Anda membuat sesuatu yang berbeda.

Cukup banyak lho pilihan hidangan Lebaran selain opor ayam, sambal goreng, dan rendang. Anda bisa membuat beberapa hidangan lain, yang pasti lebih menyegarkan.

Apa saja hidangan khas Lebaran lain yang bisa Anda sajikan? Berikut ulasannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Pilihan Hidangan khas Lebaran Selain Opor Ayam

1. Empal Gentong

Empal Gentong bisa jadi salah satu pilihan hidangan khas Lebaran untuk disajikan kepada keluarga. Makanan berkuah khas Cirebon ini memiliki citarasa yang gurih dan menyegarkan.

Meski Empal Gentong biasanya disajikan bersama nasi hangat, namun juga cocok untuk dinikmati dengan potongan kupat.

Supaya rasanya lebih kaya dan menyegarkan, pastikan untuk melengkapinya dengan acar dan bubuk cabe, ya.

2. Soto Ayam 

Jika ingin membuat hidangan berkuah yang menyegarkan saat Lebaran, Anda bisa menyiapkan soto ayam sebagai alternatif. 

Selain mudah, soto ayam juga memiliki citarasa yang gurih dan menyegarkan. Apalagi, makanan yang satu ini juga dibuat tanpa menggunakan santan.

Selain itu, soto ayam juga cocok dinikmati dengan potongan kupat, lho.

3. Rawon

Hidangan alternatif lain yang bisa Anda sajikan saat Lebaran adalah rawon. Hidangan ini juga tak kalah istimewanya dengan rendang atau sambal goreng ati.

Rawon bisa jadi pilihan buat Anda yang bosan dengan makanan bersantan, namun tetap ingin mengolah daging sapi. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun cukup mudah ditemukan di pasar tradisional.

4. Tom Yum

Makanan khas Thailand yang satu ini juga bisa jadi salah satu pilihan hidangan khas Lebaran yang istimewa lho. Apalagi, isinya pun cukup lengkap, mulai dari ikan, udang, cumi dan sayur.

Jangan khawatir, bahan yang dibutuhkan untuk membuat hidangan hangat dan segar ini juga cukup mudah didapat. Bahkan Anda tak membutuhkan waktu lama untuk memasaknya.

5. Bakso

Bakso berkuah bening dan gurih biasanya menjadi pilihan yang tepat ketika Anda bosan dengan hidangan khas Lebaran yang bersantan dan berlemak. Namun, jika sulit menemukan pedagang bakso saat Lebaran, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Supaya menu yang satu ini semakin istimewa, Anda bisa menambahkannya dengan berbagai bahan lain. Misalnya, kerupuk kulit, irisan babat dan pangsit.

Nah, itu dia beberapa alternatif hidangan khas Lebaran yang bisa Anda siapkan jika bosan dengan makanan bersantan. Kira-kira menu apa yang sudah Anda siapkan untuk dinikmati bersama keluarga nanti?

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat