uefau17.com

Suka Buka Puasa dengan Air Es? Simak Bahayanya! - Regional

, Jakarta - Siapa yang paling senang buka puasa dengan air es? Buka puasa dengan air es memang terasa sangat menyegarkan, ya? Tapi ternyata cukup berbahaya, lho.

Tidak sedikit orang yang suka minum air es saat berbuka puasa. Karena air dingin dianggap mampu menyegarkan tenggorokan dan tubuh dalam waktu singkat. Apalagi jika cuacanya panas. 

Meski dirasa sangat menyegarkan, namun membatalkan puasa dengan air es ternyata bukan cara yang baik. Air dingin dapat memicu berbagai masalah kesehatan jika digunakan untuk berbuka.

Kamu yang senang buka puasa dengan air es, simak ulasan berikut ya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dampak Buka Puasa dengan Air Es

1. Memicu Penyakit Tertentu

Suhu dingin dari air es dapat mempengaruhi aliran darah ke otak dan lambung. Terutama saat digunakan untuk buka puasa.

Kondisi ini bisa memicu reaksi negatif dalam tubuh dan menyebabkan kondisi medis tertentu. Beberapa di antaranya ternasuk sakit kepala, migrain, dan sakit perut.

2. Menyebabkan Kembung

Saat berbuka puasa dengan air es, otot-otot perut bisa mengencang dan mengalami kontraksi. Ini bisa menyebabkan masalah pada sistem pencernaan.

Artinya, minum air es saat berbuka puasa bisa membuat perut kembung dan nyeri.

3. Menyebabkan Sensasi Sakit

Suhu dingin dapat menyebabkan sensasi sakit pada beberapa organ tubuh, mulai dari sakit pada gigi, tenggorokan, dan perut.

Kondisi ini juga bisa mempengaruhi enamel gigi dan keretakan pada gigi. 

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Mengganggu Pencernaan

Berpuasa membuat sistem pencernaan kamu melambat dan butuh waktu untuk kembali normal. Ketika kamu minum air es saat berbuka puasa, suhu dingin dapat menghambat aktivitas enzim dan asam lambung.

Kondisi itu bisa menyebabkan mual, diare, dan kembung.

5. Menyebabkan Risiko Infeksi

Bukan hanya itu, minum air es saat berbuka puasa juga bisa menyebabkan risiko infeksi dan penyakit. Terutama jika es yang digunakan tidak bersih.

Bakteri dan kuman dapat hidup dan berkembang biak dalam es yang tidak bersih, terutama jika es dibuat dari air yang tidak steril.

Itu dia beberapa masalah risiko gangguan kesehatan yang disebabkan berbuka puasa dengan air es. Pastikan untuk mulai mengurangi konsumsi air es untuk berbuka ya, sebagai gantinya kamu bisa mengonsumsi air suhu ruang atau air hangat yang bisa membuat perut lebih nyaman.

 

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat