uefau17.com

Rumah Putih Grezenberg, Bangunan Tua yang Terbengkalai dan Angker di Yogyakarta - Regional

, Yogyakarta - Rumah Putih Grezenberg merupakan salah satu bangunan tua yang berlokasi di Kaliurang, Yogyakarta. Konon, rumah yang sudah ada sejak zaman Belanda menyimpan banyak kisah misteri.

Mengutip dari berbagai sumber, Rumah Putih Grezenberg sudah berdiri sejak 1930. Dahulu, rumah ini pernah menjadi salah satu destinasi wisata populer yang banyak dikunjungi wisatawan.

Sayangnya, kini bangunan tersebut terbengkalai dan terkenal angker. Rumah Putih Grezenberg terbengkalai pasca terkena dampak letusan Merapi pada 1994. Akibatnya, bangunan angker tersebut menjadi rapuh dan strukturnya pun tidak stabil.

Beberapa tokoh spiritual pernah melakukan uji nyali di bangunan ini untuk membuktikan keangkeran tempat tersebut. Beberapa di antaranya berhasil menangkap keberadaan sosok tak kasat mata dan berkomunikasi dengan makhluk tersebut.

Salah satu penampakan yang terlihat adalah keberadaan 'Noni Belanda' dan kuntilanak di sekitar Rumah Putih Grezenberg. Suara langkah kaki hingga jerit tangis dan teriakan kuntilanak sering terdengar di malam hari.

Sumber lain menyebut, rumah ini juga pernah mengeluarkan kepulan asap putih di atas bangunan. Anehnya, tidak ditemukan sumber api dari asap tersebut.

Sosok lain yang sempat dirasakan oleh seorang tokoh spiritual adalah sosok gaib berperawakan besar. Sosok tersebut diyakini sebagai penunggu rumah tersebut.

Tak jarang, para tokoh spiritual juga merasakan sesak saat berada di lantai dua bangunan ini. Hal itu semakin menambah hawa mencekam yang dimiliki Rumah Putih Grezenberg ini.

Usut punya usut, Rumah Putih Grezenberg disebut sebagai rumah angker di Yogyakarta. Hal ini diungkapkan oleh beberapa tokoh spiritual yang pernah mengunjungi rumah ini.

(Resla Aknaita Chak)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat