uefau17.com

Catat, Ini Aturan dan Tempat Parkir Bagi Pengunjung Masjid Raya Sheikh Zayed Solo - Regional

, Solo - Masjid Raya Syeikh Zayed kini menjadi salah satu destinasi wisata religi Solo, Jawa Tengah. Masjid ini telah diresmikan sejak 14 November 2022 oleh Presiden Joko Widodo bersama Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

Masjid Raya Syeikh Zayed dibangun sebagai simbol persahabatan negara Indonesia dengan Uni Emirat Arab (UEA). Meskipun memiliki ornamen bangunan khas Timur Tengah, masjid ini juga tetap memiliki sentuhan unsur budaya asli Indonesia.

Di beberapa bagian lantai di Masjid Syeikh Zayed Solo terdapat hiasan motif batik, yaitu batik kawung. Bangunan dengan luas 8.000 meter persegi ini merupakan replika dari Syeikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, UEA.

Masjid Syeikh Zayed dibangun dengan dua lantai dan dilengkapi empat menara serta satu kubah utama. Total, ada 82 kubah yang dihiasi batu pualam putih di Masjid Sheikh Zayed Solo.

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo juga dapat menampung 10.000 anggota jemaah. Sementara, saat salat Idul Fitri atau Idul Adha, kapasitas masjid bisa menampung 15.000 orang.

Fasilitas masjid juga ramah terhadap difabel, lansia dan anak-anak. Jemaah yang datang secara langsung bakal dimanjakan dengan fasilitas lain berupa basement untuk tempat wudhu laki-laki dan perempuan.

Fasilitas tambahan yang dapat dirasakan jemaah adalah perpustakaan dengan luas 20 meter, taman, dan masih banyak lagi. Di samping menunjang kenyamanan jemaah, Masjid Syeikh Zayed diperlengkapi dengan ruang Very Important Person (VIP) dan ruang pengelola.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kantong Parkir Pengunjung Masjid Raya Syeikh Zayed

Meski demikian, masih ada kekurangan dari masjid ini, yaitu ketersediaan lahan parkir di sekitar masjid. Namun tenang, pemerintah kota Solo sudah menyiapkan beberapa kantong parkir untuk pengunjung Masjid Raya ini.

Bahkan, Pemerintah Kota Solo telah menyediakan shuttle bus agar tidak terjadi kepadatan saat drop out pengunjung. Shuttle bus ini disediakan di setiap titik parkir.

Berikut daftar titik parkir yang disediakan untuk menampung pengunjung Masjid Syeikh Zayed:

Terminal Tirtonadi (daya tampung 100 bus)

Terminal Barang Pedaringan (daya tampung 200 bus)

Beteng Vastenburg (daya tampung 70 bus)

Mangkunegaran (daya tampung 70 bus)

Solo Techno Park, Jebres

Thiong Thing, Jebres.

Setiap lokasi parkir sudah disediakan shuttle bus dan angkutan pengumpan lainnya. Para pengunjung pun diminta tertib dan menaati peraturan yang ada.

 

3 dari 3 halaman

Aturan Pengunjung Masjid Syeikh Zayed

Meskipun terbuka untuk umum, ada sejumlah aturan yang perlu diketahui pengunjung sebelum berkunjung ke Masjid Syeikh Zayed. Pengunjung Masjid Syeikh Zayed Solo harus mematuhi sejumlah aturan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut aturan berkunjung ke Masjid Raya Syeikh Zayed Solo.

1. Pengunjung diharapkan memakai pakaian sopan dan menutup aurat

2. Pengunjung wanita yang tidak berhijab harus memakai tudung untuk menutup aurat

3. Masyarakat dari agama lain diperbolehkan datang ke Masjid Sheikh Zayed 4. Solo dengan catatan pengunjung juga harus menutup aurat

5. Pastikan kaki sudah kering sebelum masuk masjid

6. Pengunjung dilarang membuka jendela masjid karena suhu sudah diatur oleh takmir masjid

7. Jangan mencorat-coret area masjid

8. Tidak boleh menginjak tanaman atau rumput di area masjid karena merupakan tumbuhan tumbuh

9. Pengunjung dilarang membawa tikar

10. Pengunjung dilarang bermain di kolam yang berada di lokasi Masjid Sheikh Zayed Solo

11. Dilarang berisik agar tidak menganggu kegiatan ibadah

12. Dilarang merokok, makan, dan minum di area masjid

13. Dilarang tidur di masjid.

Masjid Raya Syeikh Zayed Solo juga dapat menampung 10.000 jemaah. Sementara saat salat Idulfitri atau Iduladha, kapasitas masjid bisa mencapai 15.000 orang. 

Fasilitas masjid juga ramah terhadap difabel, lansia dan anak-anak. Jemaah yang datang secara langsung bakal dimanjakan dengan fasilitas lain berupa basement untuk tempat wudhu laki-laki dan perempuan.

Fasilitas tambahan yang dapat dirasakan jemaah adalah perpustakaan dengan luas 20 meter, taman, dan lahan parkir dengan kapasitas 28 armada bus. Di samping menunjang kenyamanan jemaah, Masjid Syeikh Zayed diperlengkapi dengan ruang Very Important Person (VIP) dan ruang pengelola.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat