uefau17.com

Arus Mudik Diprediksi Meningkat, Kapolda Sumut Siapkan Berbagai Langkah Antisipatif - Regional

, Tebing Tinggi Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, melakukan pengecekan kesiapan Jalan Tol Tebing Tinggi. Pengecekan dalam rangka kesiapan Polres Tebing Tinggi dan pengelola jalan tol dalam menghadapi arus mudik Lebaran 1444 Hijriah.

Bersama sejumlah PJU Polda Sumut, Kapolda Sumut beserta Pj Wali Kota Tebing Tinggi, Kapolres Tebing Tinggi, dan pengelola jalan tol langsung mengelar rapat kesiapan Operasi Ketupat Toba 2023 di Mapolres Tebing Tinggi.

Kapolda Panca mengatakan, arus mudik Lebaran tahun ini diprediksi akan lebih tinggi dari tahun lalu, dan hal ini perlu diantisipasi. Salah satunya, memakukan pembatasan bagi kendaraan pengangkut non sembako pada H-7.

"Lakukan koordinasi dan kesepakatan kepada pengusaha," ucapnya, Senin, 10 April 2023.

Disebutkan Panca Putra, apabila terjadi kemacetan yang panjang menuju arah Kota Pematang Siantar, segera dibuka pintul Tol Sinaksak. Pengelola jalan tol diminta untuk merapikan jalan yang masih tanah, sehingga nantinya dapat dilewati mobil-mobil kecil.

"Jalan nasional maupun jalan provinsi diperbaiki semua, sehingga tidak ada kemacetan ditimbulkan oleh rusaknya jalan," sebutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rekayasa Lalu Lintas

Kapolda Sumut, Panca Putra, juga meminta pada pintu Tol Dolok Merawan nantinya dilakukan rekayasa lalu lintas. Kepada seluruh pihak untuk mempersiapkan pos-pos pantau di sepanjang jalan tol, guna antisipasi daerah-daerah rawan.

"Diharapkan, tanggal 15 April 2023, jalan tol sudah rampung dan dapat dibuka," ujarnya.

Kepada para personel, Panca mengimbau untuk mematuhi cara bertindak di lapangan dalam menghadapi arus mudik Lebaran. Diharapkan juga 2 ruas Tol Sinaksak-Dolok Merawan dan Tol Indrapura segera digunakan secara fungsional sebagai jalur alternatif.

"Untuk mengurangi kemacetan pada saat arus mudik dan arus balik, pada pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Tambah Jalur Pintu Keluar

Pihak pengelola jalan tol akan menambah jalur pintu keluar pada jalan tol, serta membuka loket top up pada momentum mudik Lebaran tahun ini, sehingga masyarakat yang kehabisan saldo bisa melakukan top up di rest area.

Pj Wali Kota Tebing Tinggi, M Dimiyathi menerangkan, dalam menghadapi Lebaran 2023, ketersediaan stok pangan masih mencukupi untuk kebutuhan masyarakat di Kota Tebing Tinggi.

"Minggu ini di sini mengalami penurunan harga komoditas sembako yang cukup signifikan. Kebutuhan masyarakat atas sembako relatif, stabil dan tidak ada kendala," tandasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat