uefau17.com

Hutama Karya Pastikan Ratusan Kilometer Tol Trans Sumatera Siap Digunakan Pemudik - Regional

, Medan Hutama Karya memastikan bahwa 596 Kilometer (Km) yang dikelola dan telah beroperasi di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) siap digunakan untuk dilintasi pemudik pada momentum Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023.

Ruas-ruas tersebut di antaranya Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 Km, Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 Km, Palembang-Indralaya sepanjang 21,9 Km, Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 Km, Medan-Binjai sepanjang 17,3 Km, Binjai-Langsa Seksi 1 (Binjai-Stabat) sepanjang 11,8 Km.

Kemudian Sigli-Banda Aceh Seksi 2, 3, dan 4 (Seulimeum-Blang Bintang) sepanjang 35,8 Km, dan 2 ruas yang baru saja dioperasikan di akhir tahun lalu, yaitu Pekanbaru-Padang Seksi 1 (Pekanbaru-Bangkinang) sepanjang 31 Km, serta Bengkulu-Taba Penanjung sepanjang 17,8 Km.

Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro mengatakan, bertambahnya ruas-ruas baru yang beroperasi di tahun ini, semakin menambah panjang jalur mudik yang dapat dilalui masyarakat.

"Pada musim mudik tahun 2019 sebelum pandemi, JTTS yang beroperasi baru mencapai 329 Km, kini panjang JTTS telah mencapai 597 Km atau bertambah 268 Km dalam kurun waktu 4 tahun," kata Koentjoro, dalam keterangan diperoleh , Sabtu (8/4/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siapkan 21 Rest Area

Diterangkan Koentjoro, Hutama Karya juga telah menyiapkan sebanyak 21 rest area dengan fasilitas lengkap di ruas Bakauheni-Terbanggi Besar dan Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, dengan kapasitas parkir hingga lebih dari 3000 kendaraan. Juga ada 1.106 toilet, 659 toilet tambahan, 11 lokasi SPBU, dan 6 lokasi SPKLU.

"Tersedia empat rest area sementara di Ruas Pekanbaru-Dumai dengan fasilitas yang tidak kalah lengkap dari rest area permanen," terangnya.

Di tahun ini, Hutama Karya juga menyiapkan sejumlah ruas jalan tol yang akan dioperasikan secara fungsional, diantara lainnya Sigli-Banda Aceh Seksi 5 dan 6 (Blang Bintang-Baitussalam) sepanjang 13 Km, Binjai-Pangkalan Brandan Seksi 2 (Stabat-Kuala Bingai) sepanjang 7,9 Km dan Ruas Indralaya-Prabumulih sepanjang 63,5 Km.

Rencananya, ruas-ruas tersebut ditargetkan akan dioperasikan secara fungsional mulai 15 April hingga 30 April 2023. Saat ini masih dipersiapkan segala fasilitas dan pelayanan agar dapat sesuai dengan standar yang berlaku.

"Khusus untuk Indralaya-Prabumulih, khususnya KM 66 hingga KM 73 akan diberlakukan skema contraflow," Koentjoro menuturkan.

3 dari 4 halaman

Peningkatan Kualitas Jalan Tol

Diungkapkan Koentjoro, Hutama Karya siaga dalam persiapan berbagai aspek di jalan tol yang dikelola, mulai peningkatan kualitas jalan tol, keamanan, operasional, transaksi maupun strategi anti-macet saat akan terjadi lonjakan kepadatan yang signifikan, sehingga pemudik tidak perlu khawatir untuk memilih JTTS sebagai alternatif jalur mudik.

Untuk kondisi terkini jalan tol, diimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku, salah satunya dengan menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan, serta memastikan kecukupan saldo sebelum memasuki gerbang tol.

"Apabila pengguna jalan lupa mengisi saldo, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki Hutama Karya, terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan top up saldo UE," ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Imbauan untuk Pengendara

Kepada pengendara saat mudik Lebaran juga terus diimbau untuk berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimum, sesuai yang dipersyaratkan dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.

"Segera beristirahat apabila merasa mengantuk di rest area terdekat serta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dimanapun berada," Koentjoro menandaskan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat