uefau17.com

6 Destinasi Wisata Melihat Lumba-Lumba di Indonesia - Regional

, Lampung - Lumba-lumba merupakan mamalia air yang memiliki aksi menarik. Untuk menjaga kelestarian dan kesejahteraan lumba-lumba, sebaiknya kamu melihat lumba-lumba dari habitatnya secara langsung.

Ada banyak destinasi wisata Indonesia yang memungkinkan para pengunjung untuk dapat bertemu lumba-lumba.

Berikut beberapa destinasi wisata Indonesia melihat lumba-lumba

1. Derawan, Kalimantan Timur

Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur merupakan tempat terbaik melihat langsung lumba-lumba di alam. Namun, lumba-lumba di kawasan ini tidak mudah ditemui.

Biasanya, lumba-lumba di Derawan akan terlihat saat perjalanan dari atau menuju Pulau Maratua. Lumba-lumba di tempat ini tidak seagresif di lokasi lain dan jumlah setiap kawanannya pun sangat terbatas.

2. Kiluan, Lampung

Teluk Kiluan merupakan objek wisata pantai di Bumi Sari Natar, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Teluk ini berjarak sekitar 73 kilometer dari Bandar Lampung.

Kawasan pesisir Lampung ini menyuguhkan atraksi lumba-lumba langsung dari habitatnya. Selain itu, banyak pemancing handal yang datang ke Teluk Kiluan untuk berburu ikan berukuran jumbo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Misool, Raja Ampat

3. Misool, Raja Ampat

Perairan Misool terletak di Raja Ampat, Papua. Kawasan ini memiliki air yang jernih dengan pulau-pulau batu di sekelilingnya.

Selain dapat melihat kawanan lumba-lumba, di Misool pengunjung juga bisa melakukan diving dan snorkeling. Pemandangan alam bawah laut di perairan ini sangat memesona.

4. Pantai Lovina, Bali

Pantai Lovina terletak di Desa Kalibukbuk, Kabupaten Buleleng, Bali, atau sekitar 10 kilometer ke arah barat Kota Singaraja di Bali Utara. Tidak hanya memawarkan keindahan panorama, Pantai Lovina juga menjadi habitat bagi spesies lumba-lumba.

Pengunjung bisa mengunjungi pantai ini sekitar pukul 06.00-08.00 WITA. Dengan menggunakan perahu menuju ke arah lautan, pengunjung akan melihat kawanan lumba-lumba yang melompat-lompat ke permukaan air dengan riang.

5. Pulau Komodo, NTT

Tidak hanya komodo, Pulau Komodo juga menjadi tempat tinggal bagi lumba-lumba. Lumba-lumba tampak melompat-lompat saat pagi hari di perairan Pulau Komodo. Mereka sering terlihat berenang bebas di sekitar Pulau Padar dan Pulau Kalong di kawasan Taman Nasional Komodo, NTT.

6. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Taman Nasional Wakatobi di Sulawesi Tenggara juga menawarkan keindahan lumba-lumba langsung dari habitatnya. Para lumba-lumba ini sering terlihat melintas bersama kawanan di permukaan laut.

Wakatobi telah ditetapkan sebagai kawasan lindung pada 1996 dengan luas mencapai 1,39 juta hektare. Selain lumba-lumba, Wakatobi juga memiliki keindahan terumbu karang dan berbagai spesies ikan.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat