uefau17.com

Yuk Munggahan Ramadan 'Ngabaso' di Festival Baso Aci Garut - Regional

, Garut - Menjelang datangnya Ramadan 1.444 H tahun ini, Vortable Indo Creative Industry bakal Garut, Jawa Barat, bakal menggelar festival baso aci Garut 2023.

"Kegiatannya dilaksanakan pada 17-19 Maret weekend kali ini sebelum datangnya Ramadan," ujar Direktur Vortable Indo Creative Industry Dhani Omar Dien, Selasa (14/3/2023).

Festival baso aci kali ini merupakan kali ketiga di gelar kelompok anak muda creative Garut tersebut, setelah sebelumnya sukses digelar 2019 dan 2022 lalu dengan antusiasme pengunjung yang cukup tinggi.

"Kami menghadirkan puluhan tenan baso aci terbaik dari yang terbaik dengan kategori legend, hits, dan news comers," kata dia.

Selain itu, kegiatan kali ini diharapkan mampu menjadi pemacu kalangan UMKM, setelah pencabutan status pembatasan oleh pemerintah selama Pandemi Covid-19 berlangsung.

"Tentu tidak sembarang brand bisa ikut jualan di festival baso aci, jadi hanya mereka yang bisa menyajikan tenan terbaik yang kami sajikan buat pengunjung," kata dia.

Untuk mengikuti festival baso aci Garut tersebut, panitia sengaja melakukan seleksi ketat terhadap calon peserta, hingga dinyatakan layak untuk mengikuti acara tersebut.

"Kami memaksa pedagang UMKM agar siap secara industri agar mereka maju, jadi selama tiga hari jangan sampai kehabisan stok baso aci," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seleksi Ketat Peserta

Meskipun demikian, animo calon peserta tetap tinggi mengikuti seleksi, sambil berharap ambil bagian dari kegiatan beromset miliaran tersebut.

"Ada sekitar 200-300 tenan yang mengikuti seleksi, tetapi hanya sebagian kecil yang dinyatakan layak ikut, plus teh botol Sosro sebagai sponsor utama,” kata dia.

Dhani menyatakan, tahun lalu jumlah pengunjung festival baso aci mencapai 70 ribu orang dengan omzet penujualan hingga Rp1,5 miliar.

"Semoga tahun ini bisa mendekati angka itu, termasuk soal omzetnya bisa melebihi capai tahun lalu," kata dia.

CEO Jajanan Garut Bobby Firdaus menambahkan, tahun ini total stand jualan yang akan disajikan panitia berjumlah 60 tenan. Angka itu naik dibanding dua gelaran sebelumnya di angka 40 stand.

"Jadi awalnya dari setengah lapangan Alun-alun, sekarang full lapangan, totalnya 50 tenan baso aci, sisanya bagi sponsor, dinas dan lembaga lainnya," kata dia.

Untuk menikmati sajian festival kuliner terbesar di Garut kuartal pertama tahun ini tersebut, Anda cukup menyediakan uang Rp 30 ribu untuk ditukar dengan uang replika yang disediakan panitia.

"Semoga tidak hujan, sehingga seluruh pengunjung bisa menikmati sajian kami," ujar dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat