uefau17.com

Setelah Pandawara Group Muncul Ksatria Batam, Bagian dari Alturisme Milenial? - Regional

, Jakarta Beberapa waktu lalu, Pandawara Group menjadi perhatian warganet karena lima anak muda melakukan gerakan sosial untuk membersihkan sampah sungai yang menumpuk di Bandung. Tak lama setelah kemunculan Pandawara Group, belum lama ini muncul Ksatria Batam.

Pada laman TikTok @ksatriabatam, sekelompok anak muda terlihat tampak sedang membersihkan sampah kemudian diunggah pada sosial media mereka, baik Instagram maupun TikTok pada 15 Februari. Ksatria Batam mengucapkan terimakasih pada pihak yang telah membantu kegiatannya.

Aksi Pandawara Group dan Ksatria Batam merupakan fenomena positif pada generasi milenial yang menjadi kepedulian lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan di masa depan. Fenomena ini juga ditengarai problem krisis iklim yang semakin mengancam kehidupan manusia di dunia.

Gerakan sosial yang dilakukan oleh Pandawara Group dan Ksatria Batam ini merupakan bagian altruisme. Apa itu altruisme?

Dikutip dari Buletin Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara, altruisme adalah tindakan sukarela yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menolong orang lain tanpa mengharapkan imbalan apapun.

Altruisme diperkenalkan oleh Auguste Comte pada abad ke-19. Menurut Auguste Comte, terkandung ‘penghapusan hasrat mementingkan diri sendiri dan egosentrisme, serta menjalani kehidupan yang ditujukan untuk kesejahteraan orang lain’.

Ilmuwan Psikologi Perkembangan mengatakan, altruisme merupakan salah satu tipe tingkah laku prososial, yakni tindakan yang didorong oleh motif-motif internal seperti perhatian dan simpati terhadap orang lain atau nilai-nilai sosial dan fenomena yang terjadi daripada oleh keuntungan pribadi.

Pengamalan nilai-nilai sosial yang dilakukan oleh orang yang bertindak altruis itu mengedepankan nilai-nilai kesejahteraan dan keadilan. Dampak yang dirasakan oleh orang yang bertindak alturis adalah merasakan semakin meningkatnya kepuasan diri dan kebanggaan dalam kehidupannya. Motivasi orang yang bertindak altruis pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan orang lain.

Melihat aksi Pandawara Group dan Ksatria Batam yang melakukan kepedulian lingkungan dengan membersihkan sampah pada ruang publik dapat dikategorikan sebagai tindakan altruisme yang tidak memandang kepentingan individu atau kelompoknya, tetapi memandang untuk kepentingan bersama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat