uefau17.com

Masuki Bulan Syakban, Berikut Ini Amalan yang Bisa Dilakukan - Regional

, Bandung - Memasuki bulan Sya'ban menjadi tanda bahwa bulan Ramadan akan segera datang. Bulan ini juga disebut sebagai bulan yang istimewa karena mempunyai banyak sekali amalan yang bisa dibuat oleh para umat muslim.

Seperti dalam hadist Rasulullah SAW bersabda mengenai bulan Sya'ban.

ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya: “Bulan Sya’ban bulan antara Rajab dan Ramadhan adalah bulan di saat manusia lalai. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikan” (HR Nasa’i).

Melansir dari NU, kita ketahui bahwa bulan Syakban juga mempunyai beberapa peristiwa bersejarah seperti peristiwa pengalihan arah kiblat dari Masjidil Aqsha di Palestina ke Kakbah di Arab Saudi. Serta penurunan surat Al-Baqarah ayat 144, surat Al-Ahzab ayat 56 yang menganjurkan pembacaan shalawat.

Adapun peristiwa diangkatnya amal-amal manusia menuju ke hadirat Allah SWT dan juga banyak peristiwa lainnya. Maka, setelah bulan Rajab dan sebelum Ramadan kita dipertemukan dengan bulan Sya’ban yang juga istimewa.

Amalan-Amalan di Bulan Syakban

Ada beberapa amalan-amalan yang bisa kita laksanakan di bulan Syakban yang juga istimewa. Berikut ini adalah amalan bulan Sya'ban yang bisa dilakukan:

1. Berpuasa

Salah satu amalan yang dapat dilakukan oleh kita ketika di bulan Sya’ban adalah dengan berpuasa. Seperti  menurut hadits dari Imam Ibnu Majah yaitu Rasulullah SAW menganjurkan umat Muslim untuk berpuasa.

إِذَا كَانَتْ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَقُومُوا لَيْلَهَا وَصُومُوا يَوْمَهَا، فَإِنَّ اللهَ تَبَارَكَ وَتَعَالَى يَنْزِلُ فِيهَا لِغُرُوبِ الشَّمْسِ إِلَى السَّمَاء الدُّنْيَا، فَيَقُولُ: أَلَا مِنْ مُسْتَغْفِرٍ فَأَغْفِرَ لَهُ، أَلَا مِنْ مُسْتَرْزِقٍ فَأَرْزُقَهُ، أَلَا مِنْ مُبْتَلَى فَأُعَافِيَهُ، أَلَا كَذَا أَلَا كَذَا حَتَّى يَطَّلِعَ الْفَجْرَ

Artinya: “Nabi SAW bersabda Apabila tiba malam Nisfu Sya'ban maka shalatlah pada malam harinya dan berpuasalah pada siang harinya, karena rahmat Allah SWT akan turun ke langit dunia pada saat tersebut  sejak terbenam matahari dan Allah SWT berfirman ‘Adakah orang yang minta ampun, maka akan aku ampuni,  adakah yang meminta  rezeki, maka akan ku berikan rezeki untuknya, adakah orang yang terkena musibah maka akan aku lindungi, adakah sedemikian, hingga terbit fajar’” (HR. Imam Ibnu Majah).

2. Membaca Salawat dan membaca Al-Qur'an

Amalan lainnya yang dapat dilakukan oleh umat Muslim pada bulan Syakban adalah dengan memperbanyak Sholawat. Seperti diketahui di bulan Syaban terdapat peristiwa penting yaitu turunnya surat Al-Ahzab ayat 56 yang menganjurkan membaca sholawat.

Maka dari itu amalan membaca Sholawat dapat dilakukan terutama di bulan Sya’ban tersebut. Tak hanya itu amalan lain yang tentunya harus dilakukan adalah membaca Al-Quran setiap harinya.

3. Shalat Tahajud

Amalan Shalat Tahajud juga bisa dilakukan oleh umat Muslim pada Sya’ban karena pada bulan ini dalam hadits Nabi Muhammad SAW menjelaskan manfaat dari Allah SWT kepada hambanya yang terbangun untuk Salat Tahajud.

Seperti menurut HR Bukhari berikut: Seperti dinarasikan Abu Huraira, Rasulullah SAW mengatakan, “Allah SWT yang maha besar dan maha kuat, turun ke surga yang terdekat dengan kehidupan manusia saat malam hanya tersisa sepertiga. Allah SWT berkata, Adakah hamba yang memohon kepada Ku sehingga Aku bisa menggapai permohonannya? Adakah hambaku yang meminta kepada Ku sehingga AKu bisa mengabulkan permintaannya? Adakah yang memohon pengampunan sehingga Aku bisa mengampuninya?”.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat