uefau17.com

10 Kuliner Pontianak yang Didominasi Produk Akulturasi Budaya - Regional

, Pontianak - Pontianak menyimpan banyak potensi wisata budaya yang menarik. Selain kaya akan budaya, ibu kota Provinsi Kalimantan Barat ini memiliki beragam kuliner menarik yang sayang jika dilewatkan ketika berkunjung.

Terlebih, banyak kuliner Pontianak mendapat mengaruh budaya Tionghoa - melayu yang dengan budaya setempat. Alkulturasi budaya ini membuat khazanah kuliner Pontianak semakin kaya.

Berikut sederet makanan khas Pontianak, yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Choipan

Choipan merupakan kue gurih berisi sayuran. Choipan dikatakan mirip pangsit sebab sama-sama berkulit dan mempunyai isian.

Kulit choipan memiliki tekstur kenyal karena terbuat dari campuran tepung beras dan tepung kanji. Adonan kulit kemudian dipipihkan dan dikukus. Sementara, untuk isiannya terdiri dari campuran bengkoang serut dan ebi, ada pula yang diisi dengan pepaya muda serut. Sebagai cocolan, choipan disajikan dengan sambal bawang putih yang pedas.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bubur Pedas

2. Bubur Pedas

Bubur pedas atau bubur sambas merupakan kuliner khas masyarakat Sambas, Pontianak, Kalimantan Barat. Tidak seperti bubur pada umumnya yang dibuat dengan memasak beras hingga lembut.

Bubur pedas khas Sambas ini terbuat dari beras yang ditumbuk halus, baru lah kemudian dimasak. Meski bernama bubur pedas, cita rasa kuliner ini tak pedas sama sekali.

Bubur pedas berasal dari kata 'bubbor paddas', 'bubbor' berarti bubur. Sedangkan pedas atau 'paddass' adalah nama campuran sayuran yang ada di dalam bubur tersebut, sehingga tak ada rasa pedas sedikitpun dalam makanan khas Sambas ini.

Dalam memasak bubur tak ada cabai satupun yang dimasukkan. Rasanya yang gurih dan beraroma sedap berasal dari campuran daun kesum dan kunyit yang diiris dan dimasak bersama beras.

Makanan ini dibuat dari beras yang disangrai hingga kehitaman lalu ditumbuk dan dimasak dengan aneka sayuran di dalamnya.

Sayuran yang digunakan dalam kuliner ini cukup beragam, mulai dari timun, tauge, jagung, pakis, dan yang menjadi ciri khas adalah daun kesum.

Daun kesum ini lah yang akan memberikan aroma sedap yang khas dari kuliner bubur pedas khas Sambas ini. Bubur pedas memiliki cita rasa yang lezat dan menjadi kuliner favorit masyarakat Sambas.

3. Jorong-Jorong

Jorong-jorong banyak dijajakan di Pontianak ketika bulan Ramadan. Jorong-jorong merupakan makanan khas dari Ketapang dan tepian Sungai Pontianak.

Makanan ini merupakan kue yang terbuat dari tepung beras dan santan. Adonannya dicetak di dalam wadah takir dari daun pisang kemudian dikukus. Rasa kue ini gurih dan manis

4. Pengkang

Makanan khas Pontianak berikutnya ada yang bernama pengkang. Pengkang adalah olahan beras yang dibungkus bersama dengan ebi di dalam daun pisang, kemudian dibakar.

Pengkang mempunyai aroma khas karena dibungkus daun pisang. Pengkang sering disajikan bersama sambal kerang yang makin menambah kenikmatan hidangan satu ini.

 

3 dari 4 halaman

Kue Kantong Semar

5. Kue Kantong Semar

Kue kantong semar berasal dari pedalaman dan pesisir Kalimantan Barat. Kue ini terbuat dari beras pulut dan kacang merah yang dikukus di dalam bungkusan tanaman kantong semar.

Tumbuhan kantong semar ini berbentuk menyerupai perut dari tokoh pewayangan Semar. Ketika matang, kue ini akan berwarna kecoklatan. Teksturnya pun kenyal dan pulen berpadu dengan rasa gurih manis dari isian beras ketan tersebut. Saat ini pembuatan kue kantong semar ini semakin jarang dilakukan.

Selain karena proses pembuatannya yang cukup panjang, juga perlu mencari tumbuhan kantong semar juga susah didapatkan.

6. Kue Bingke

Kue bingke merupakan makanan khas Pontianak yang cocok menjadi oleh-oleh atau buah tangan. Bingke terbuat dari campuran tepung beras, telur, gula dan santan.

Dahulu kue bingke berendam dimasak menggunakan kayu atau arang. Rasanya yang manis legit dengan tekstur lembut membuat banyak orang yang mencoba untuk pertama kalinya akan ketagihan.

7. Lek Tau Suan

Lek Tau Suan merupakan makanan khas Pontianak yang terdiri atas butiran mutiara kcang hijau. Bahan dasar lek tau suan berasal dari kacang hijau. Makanan ini memilikki rasa yang lezat dan biasanya dihidangkan bersama dengan roti Ca Kwee.

8. Bubur Ikan

Bubur ikan merupakan makanan khas dari warga Tionghoa di Kota Pontianak. Bubur ikan ini disajikan dengan nasi, sayur sawi asin, daun bawang, daging ikan yang sudah diolah, cumi, dan disiram dengan kuah kaldu.

Hidangan ini paling cocok disantap saat cuaca sejuk dengan kucuran lemon cui dan irisan cabai rawit.

 

4 dari 4 halaman

Kerupuk Basah

9. Kerupuk Basah

Kerupuk Basah adalah salah satu makanan khas Pontianak, tetapi juga mudah ditemukan di Kabupaten Kapuas Hulu. Sekilas, makanan ini bentuknya lebih mirip Pempek Palembang, tetapi ukurannya sedikit lebih panjang.

Selain itu, kerupuk basah ini disantap menggunakan sambal, berbeda dengan pempek yang disiram dengan kuah cuko. Sambal yang digunakan pun bisa berbeda-beda tergantung selera, seperti sambal kacang atau sambal cabe.

Kerupuk basah ini dibuat dari bahan dasar ikan. Biasanya ada dua jenis ikan yang digunakan yakni ikan toman dan ikan belidak.

Bahan ikan yang telah dihaluskan, kemudian dicampur dengan sedikit tepung agar kenyal. Selanjutnya adonan tersebut dikukus hingga matang sekitar 20 menit.

Cita rasa dari kerupuk basah ini sedikit pedas dan manis. Aroma ikannya juga sangat terasa dan berpadu lembut dalam mulut.

10. Sotong Pangkong

Sotong pengkong menjadi makanan khas Pontianakyang unik dan wajib dicoba. Sotong pengkong adalah kudapan yang dibuat dari daging sotong atau cumi-cumi.

Kata pengkong di sini berarti dipukul menggunakan palu. Seperti namanya daging sotong terlebih dahulu dijemur lalu dimasak dengan cara dipanggang.

Setelah matang, daging tersebut lantas dipukul-pukul menggunakan palu. Hal ini dilakukan agar daging sotong tersebut menjadi empuk dan tidak alot.

Daging sotong yang menjadi gepeng kemudian barulah disantap. Masyarakat Pontianak biasanya menyantap Sotong Pengkong ini dengan dicocol ke dalam sambal kacang atau sambal pedas manis.

Daging sotong yang gurih akan menyatu dengan cita rasa asin, manis, dan asam dari sambalnya. Kuliner satu ini biasanya banyak dijual di sepanjang jalan Merdeka, Pontianak.

Khususnya pada bulan puasa, Sotong Pengkong ini juga menjadi kudapan favorit untuk menu berbuka ataupun sahur.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat