uefau17.com

Wajah Baru Selter Kuliner Manahan Solo Jelang Piala Dunia U-20 - Regional

, Solo - Wajah baru pusat kuliner di sekitar Stadion Manahan Solo tampak tertata apik dan menarik perhatian. Yang dulunya terlihat semrawut, saat ini sudah terlihat tertata apik, dengan lokasi parkir yang cukup luas.

Hal tersebut tentu bakal menarik perhatian para pecinta kuliner, lantaran terdapat puluhan stand-stand kuliner yang buka di sana.

Lokasi Selter Kuliner Manahan itu memiliki view langsung ke Stadion Manahan Solo, yang sedianya akan menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20 pada Bulan Juni 2022 mendatang.

Meski begitu, penataan Selter Kuliner Manahan semakin menambah nilai lebih Kota Surakarta untk promosi wisata dalam ajang sepak bola dunia tingkat pembinaan itu.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Upaya Pemerintah Menaikkan Kelas Pelaku UMKM

Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta, Heru Sunardi mengatakan kali ini adalah soft launching Selter Kuliner Manahan itu sebagai persiapan para pelaku UMKM kuliner untuk mempersiapkan apa yang akan dijual di tenant yang sudah ditempati itu.

"Proses penyewaan tidak bayar hanya retribusi satu shift 1000 rupiah, jika tenant itu untuk dua shift pedagang jadi ya cuma dua ribu rupiah. Dan semua pembiayaan listrik yang fasilitas umum ditanggung pemerintah Kota Surakarta," kata Heru kepada usai membuka soft launching Selter Kuliner Manahan, Kamis (5/1/2022).

Dirinya menyebut ada 120 tenant yang ditawarkan untuk pelaku ekonomi kreatif khususnya kuliner di Kota Surakarta, saat ini mayoritas adalah para pedagang lama yang dulu digusur, sementara sisanya adalah pelaku usaha baru.

 

3 dari 3 halaman

Menggaet Pelaku UMKM Baru

"Ini bagian dari upaya menggerakkan ekonomi kreatif yang digerakkan oleh mas Wali Kota Surakarta supaya pelaku usaha ini bisa naik kelas. Tenant ini sudah full 120 dan yang antri sudah ratusan antri," tutur dia.

Dirinya menyebut, jika Wali Kota Surakarta memberikan tawaran kepada pedagang di sekitar Jurug untuk bisa masuk dan berbagi tenant dengan pedagang lainnya dengan sistem shift, dan memberi waktu hingga tanggal 31 Januari 2023 untuk mendaftar.

"Jika sampai tanggal yang ditentukan tidak segera mendaftar kita akan berikan kepada pelaku UMKM lainnya agar bisa berjualan di Selter Kuliner Manahan," ujar Heru.

Heru berharap, dengan adanya Selter Kuliner Manahan itu menjadikan para pelaku UMKM Kuliner menjadi naikkelas dan sekaligus menjadi ajang menggaet pelaku-pelaku usaha baru di Kota Surakarta.

"Pelaku usaha bisa naik kelas dan pendapatan usaha bisa bertambah, citra branding dan penataan selter kuliner Kota Solo juga terlihat bagus. Bisa menumbuhkan pelaku usaha kuliner baru," ucapnya.

Sementara itu, Pak Yanto pelaku UMKM yang mendaftar tenant Selter Kuliner Manahan itu mengaku bersyukur dengan adanya proses renovasi lokasi kuliner yang dulunya belum sebagus saat ini.

"Terima kasih mas Wali Kota, Selter Kuliner Manahan saat ini jadi lebih bersih dan lokasi parkirnya cukup luas. Semoga dengan tampat baru ini membawa peruntungan untuk semua pedagang di selter manahan," tutur dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat