uefau17.com

Kebakaran Dahsyat Landa Pasar Sentral Makassar, 931 Kios Hangus Terbakar - Regional

, Makassar - Kebakaran melanda Pasar Sentral Makassar, Sulawesi Selatan pada Selasa (27/12/2022) malam. Ratusan kios beserta barang dagangan yang berada di dalamnya pun hangus dilahap si jago merah.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar, Hasannudin mengatakan dirinya menerima informasi munculnya api pada pukul 19.10 Wita. Tak tanggung-tanggung, pihaknya langsung mengerahkan 48 unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api yang dengan cepat menjalar dari satu kios ke kios lainnya.

"Kita mendapatkan laporan dari warga 19.10 Wita. Itu kejadian di pasar sentral Blok B, kita kerahkan semua armada 42 unit ditambah cadangan 6 unit," kata Hasanuddin, Selasa (27/12/2022).

Ratusan warga yang merupakan pedagang dan pemilik kios pun berupaya menyelamatkan barang dagangan yang masih bisa diselamatkan. Api dengan cepat menjalar lantaran kios-kios tersebut terbuat dari kayu.

"(Banyak) pemilik kios yang mengambil barangnya, yang kita khawatirkan roboh, karena bahannya yang di dalam semua ini dari kayu. Kita minta bantuan satpol PP untuk menghalau warga," ucapnya.

Dugaan penyebab kebakaran tersebut, kata Hasanuddin, adalah korsleting listrik yang terjadi di salah satu kios. Namun api dengan cepat menjalar. Selain karena kios-kios tersebut yang terbuat dari kayu, barang dagangan yang berada di dalamnya juga tergolong barang yang mudah terbakar.

"Dari titik barat ke timur awalnya. Total yang ada di dalam khusus Blok B ratusan kios ini sudah terbakar. Untuk penyebab masih dilakukan investigasi dari kepolisian. Yang jelas api baru berhasil dipadamkan total sekitar pukul 22.00 Wita," jelasnya.

Beruntung dalam kebakaran dahsyat itu tidak ada korban jiwa. Hingga saat ini pihak-pihak terkait pun tengah menyelidiki lebih jauh insiden yang menghanguskan ratusan kios dan mencari tahu jumlah kerugian akibat kejadian tersebut. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

931 Kios Hangus dan Beserta Isinya Hangus Terbakar

 

Terpisah, Direktur PD Pasar Makassar, Ikhsan Abduh mengaku kios yang terbakar terletak di blok B bagian selatan Pasar Sentral Kota Makassar. Api cepat membesar, sehingga diperkirakan semua kios yang berada disana hangur terbakar.

"Jumlah kios berdasarkan data potensi kami di Blok B Selatan, sebanyak 931 kios. Ini semua pun diperkirakan terbakar," kata Ikhsan kepada wartawan saat ditemui di lokasi.

Ikhsan mengatakan, menerima informasi kebakaran sekitar pukul 19.02 WITA. Pihaknya pun langsung berkoordinasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran, kepolisian dan juga melapor ke Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto

"Kami menerim laporan pukul 19.02 Wita. Saya masih di kantor, jadi saya yakin kebakaran sebelum pukul 19.02 WITA," ucapnya.

Kebakaran ini terbilang sangat dahysat. Meski hujan terjadi cukup deras, api tetap saja dengan cepat membesar dan menjalar ke bangunan lain karena pedagang mayoritas menjual pakaian atau tekstil.

"Itu rata-rata jualannya itu ada pakaian, ada gorden dan hampir semua itu textil. Insyallah kami akan berbuat yang terbaik untuk pedagang, karena untuk sementara ini kami menganggap ini musibah," tandas Ikhsan.

Simak juga video pilihan berikut ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat