uefau17.com

Bosan Roti Tawar Pakai Meses? Coba Martabak Telur Roti Tawar - Regional

, Jakarta - Martabak telur roti tawar? Memang roti tawar bisa dijadikan martabak? Pastinya bisa dong.

Roti yang berbahan utama tepung gandum ini umumnya dijadikan sebagai menu sarapan atau pengganti makanan pokok. Di dalam satu buah roti ternyata terdapat tiga kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita seperti lemak sekitar 0.2%, protein 7 gram, dan karbohidrat yang berfungsi untuk menambah energi sekitar 3%.

Sehingga, mengonsumsi beberapa lembar roti tawar sebagai menu sarapan bisa membuat perut tetap kenyang dan enggak akan kehabisan tenaga saat beraktivitas.

Roti tawar yang sehat memiliki kandungan kalsium yang cukup dan baik untuk menjaga kesehatan tulang. Apalagi, buat kamu yang punya penyakit osteoporosis boleh mengkonsumsi roti tawar sebagai menu sarapan.

Salah satu manfaat mengonsumsi roti tawar adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Jika tidak ada roti tawar, kamu boleh menggunakan roti gandum. Karena kandungannya dapat mencegah penuaan dini berkat kandungan vitamin E.

Selain itu, kandungan vitamin B dan juga protein dalam roti gandum dapat membuat kulit wajah tetap sehat.

Ternyata banyak sekali ya manfaat yang terdapat dalam roti tawar. Jika kita sering mengolah roti tawar dengan meses atau selai saja, kali ini mari kita buat sebagai martabak.

Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk, kita simak penjelasan berikut ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahan-bahan

•6 lembar roti tawar tanpa kulit

•2 butir telur

•100 gr daging giling sapi/ayam, (bisa diganti dg corned beef/ sosis)

•2 batang daun bawang, potong-potong

•1/2 siung bawang bombay, potong-potong

•1 sdt bubuk kari (ganti dengan bumbu gulai instan)

•1/4 sdt garam

•1/4 sdt lada bubuk

•1/2 sdt kaldu bubuk

•Secukupnya minyak goreng

•Acar timun

3 dari 3 halaman

Cara Membuatnya

1. Potong-potong tiap lembar roti tawar menjadi dua sehingga berbentuk persegi panjang.

2. Lalu kita campurkan semua bahan lain kecuali minyak, setelah itu kita aduk rata. Jika masih terlihat encer, tambahkan 1 sdm terigu, lalu aduk lagi.

3. Kemudian taruh 2 sdm adonan di atas roti tawar, tutup dengan 1 lembar roti tawar di atasnya. Rapikan pinggirnya supaya tidak meluber kemana-mana.

4. Selanjutnya goreng dalam minyak yang sudah panas dengan api kecil atau sedang. Jika kedua sisi sudah golden brown, angkat, lalu tiriskan. Kemudian potong menjadi dua, atau tidak perlu dipotong jika ingin ukuran yang besar.

5. Martabak telur roti tawar siap untuk dihidangkan bersama keluarga, teman maupun sanak saudara. Bisa jadi menu bekal untuk ke sekolah atau ke kantor, lho!

Jadi itulah beberapa manfaat dan juga resep martabak telur roti tawar yang praktis dan juga mudah. Kalian bisa mencobanya di rumah. Selamat memasak!

Penulis: Fathia Uqimul Haq

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat