uefau17.com

Aksi Gajah Seruni Selamatkan Anaknya yang Terjebak di Parit, Alat Berat Ikut Membantu - Regional

, Pekanbaru - Seekor anak gajah di Kilometer 80 Desa Lubuk Umbut, Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak, terperosok dalam parit. Posisi jatuh telentang membuat anak gajah tersebut sulit keluar sehingga terjebak lumpur.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Genman S Hasibuan menjelaskan, gajah masuk parit itu terjadi pada Senin pagi, 14 November 2022. Parit itu berlumpur karena beberapa hari sebelumnya hujan deras.

"Untuk sekarang anak gajah sudah keluar dan kembali lagi bersama induknya," kata Genman, Selasa (15/11/2022).

Genman menjelaskan, anak gajah itu bedasarkan data dari GPS Collar bernama Rimba. Gajah ini merupakan anak dari gajah Seruni yang masuk dalam pantauan BBKSDA Riau.

Genman menjelaskan, gajah terperosok ini berhasil keluar berkat bantuan dari alat berat perusahaan. Adanya anak gajah masuk parit ini berdasarkan laporan dari Masyarakat Peduli Gajah dan Rimba Satwa Foundation.

"Mereka patroli dan menemukan adanya anak gajah tergelincir di galian," kata Genman.

Di pinggir parit itu, tambah Genman, ada seekor gajah betina dewasa menunggu. Gajah Seruni itu berusaha menolong gajah Rimba tapi tidak bisa karena parit sudah dipenuhi lumpur.

Akhirnya, organisasi pecinta satwa mitra BBKSDA Riau itu menghubungi perusahaan di sekitar lokasi. Perusahaan mengerahkan satu alat berat untuk menggali parit serta membuat jalan agar anak gajah bisa keluar.

"Gajah harus ditolong karena posisi jatuhnya berbahaya, telentang," ujar Genman.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempat Mengadang Alat Berat

Awalnya, gajah Seruni berusaha menghadang moncong alat berat serta mempertahankan gajah Rimba. Sikap ini wajar karena gajah Seruni beranggapan kedatangan alat berat mencelakakan anaknya.

Operator alat berat tidak mundur karena niatnya menolong. Operator menggali dengan tepat, membalikkan badan anak gajah dengan aman sehingga Rimba dapat bangkit kembali.

"Induknya juga membantu sehingga bisa menggapai anaknya, Rimba berdiri kemudian keluar dari parit," sebut Genman.

Genman menjelaskan, Seruni dan Rimba sudah kembali lagi ke kelompoknya. BBKSDA mengucapkan terima kasih kepada semua pihak sehingga Rimba selamat.

"Galian saat ini telah ditutup agar tidak terjadi hal serupa," jelas Genman.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat