uefau17.com

7 Hewan Pembawa Rezeki Menurut Primbon Jawa, Salah Satunya Justru Burung yang Dianggap Sial - Regional

, Yogyakarta - Primbon Jawa masih dipercaya oleh masyarakat secara turun-temurun hingga saat ini. Dalam kepercayaan tersebut, ada pula beberapa hewan yang dianggap dapat membawa rezeki.

Umumnya, hewan yang dianggap pembawa rezeki ini dijadikan peliharaan. Bukan hanya itu, hewan-hewan ini juga dianggap menyimbolkan filosofi tertentu.

Dikutip dalam jurnal yang berjudul "Mitologi Masyarakat Jawa Dalam Buku Primbon Jawa Betaljemur Adamakna" (2021) oleh Yuli Trisnawati dkk, berikut sederet hewan pembawa rezeki.

1. Kucing

Semua orang pasti langsung jatuh hati saat melihat hewan menggemaskan satu ini. Kucing merupakan salah satu peliharaan yang menjadi primadona bagi semua pencinta hewan, sehingga tak heran kucing jadi hewan pembawa rezeki menurut Primbon Jawa.

Menurut Primbon Jawa, kucing dapat membawa keberuntungan jika si pemilik benar-benar merawatnya dengan penuh kasih sayang.

2. Tokek

Pada umumnya orang pasti sudah bersiap mengusir tokek tiap mendengar suaranya. Selain karena bentuknya yang menyeramkan, menurut kepercayaan banyak orang, tokek merupakan hewan yang menandakan datangnya hantu.

Namun, dalam kepercayaan primbon Jawa, tokek justru dianggap sebagai hewan keberuntungan yang dapat memperlancar rezeki. Selain itu, tokek juga bisa digunakan untuk berbagai macam obat tradisional.

 

Saksikan video piihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gagak

3. Burung Gagak

Kedatangan burung yang berwarna hitam legam ini kerap dianggap sebagai pertanda datangnya hal buruk, kesialan, bahkan kematian. Karenanya, burung gagak selalu dihindari dan diusir oleh orang-orang.

Namun dalam kepercayaan primbon Jawa, burung gagak justru dianggap sebagai pertanda yang baik. Burung gagak yang hinggap di atas rumah dan berkoak merupakan pertanda akan datangnya rezeki.

4. Ikan Arwana

Ikan hias yang dibanderol dengan harga jutaan rupiah ini disebut-sebut sebagai simbol kesejahteraan. Bahkan menurut kepercayaan feng shui, ikan arwana merupakan salah satu ikan yang memiliki kekuatan yang sangat luar biasa.

Ikan arwana yang diletakan di sebelah tenggara atau timur rumah dipercaya dapat membawa rezeki.

5. Burung Perkutut

Burung perkutut merupakan salah satu jenis burung yang dipercaya dapat membawa keberuntungan melalui suaranya yang indah. Menurut kepercayaan primbon Jawa semakin sering burung perkutut berkicau, maka keberuntungan yang datang pun semakin berlimpah.

Keberuntungan ini dapat diartikan juga sebagai rezeki, kesehatan, dan masih banyak lainnya. Selain itu, suara burung perkutut yang merdu juga dapat dijadikan sebagai media healing. Maka dari itu, burung perkutut dipercaya sebagai hewan pembawa rezeki menurut Primbon Jawa.

6. Kuda

Kuda dipercaya sebagai hewan yang memancarkan energi positif yang luar biasa. Hewan berkaki empat ini melambangkan kekuatan dan juga kemenangan.

Dengan penjelasan itu, sang pemelihara bisa bekerja keras dan cerdas serta mampu bekerja semaksimal mungkin untuk meraih keinginan.

7. Kura-kura

Kura-kura merupakan hewan air tawar yang jalannya lambat. Hal secara tidak langsung menggambarkan masyarakat Jawa yang selalu berhati-hati dalam memilih langkah.

Masyarakat Jawa juga memiliki prinsip, 'Alon-alon waton kelakon' yang memiliki arti 'Pelan-pelan asal terwujud'. Dengan kura-kura yang termasuk hewan yang cerdas dan berumur panjang, diharapkan sang pemilik akan memiliki rezeki berkepanjangan dan tak ada putusnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat