uefau17.com

Enneagram, Tes Kepribadian Mengenali Karakter Diri yang Ternyata Mudah Dipahami - Regional

, Yogyakarta - Enneagram diwujudkan sebagai suatu gambar dengan sembilan titik. Kesembilan titik tersebut merupakan sembilan tipe dasar manusia.

Dalam bahasa Yunani, 'ennea' berarti angka sembilan, sedangkan 'gram' artinya sebuah gambar. Sesuai artinya, enneagram berarti sebuah gambar bertitik sembilan.

Bisa dikatakan bahwa enneagram adalah sistem psikologi yang mengklasifikasi kepribadian manusia menjadi berbagai jenis yang saling berhubungan. Tes ini sering ditemukan dalam berbagai kepercayaan dan disiplin bisnis atau yang biasanya digunakan secara luas oleh perusahaan-perusahaan yang terdaftar dalam Fortune 500.

Mengutip dari 'Aplikasi Sistem Pakar untuk Menganalisis Kepribadian Berdasarkan Teori Enneagram' oleh Satriyo Pambudi dan Kuswari Hernawati, enneagram berawal di Timur Tengah pada beberapa abad lalu. Teori ini memberi penjelasan tentang perilaku seseorang sekaligus memberikan arahan untuk pengembangan diri.

Bisa dikatakan bahwa enneagram merupakan sarana yang tepat untuk mengembangkan hubungan dengan keluarga, teman, dan mitra kerja. Teori ini digambarkan dengan suatu lingkaran yang berbentuk seperti bintang dengan sembilan titik.

Sebelum menelusuri hasil tipe tes kepribadian enneagram, kamu perlu mengetahui nomor atau angka dominan dari enneagram kamu terlebih dahulu. Tentu saja, angka tetsebut bisa didapat melalui tes.

Saat ini, sudah banyak situs online yang menyediakan tes kepribadian enneagram secara gratis, seperti truity.com, enneagramtest.net, tests.enneagraminstitute.com, dan lainnya. Setelah mengetahui angka enneagram kamu, selanjutnya adalah memahami cara membacanya.

Dalam titik-titik enneagram terdapat panah dan sayap. Panah menandakan bahwa setiap titik pada enneagram sebenarnya saling berhubungan dengan dua titik lainnya.

Saat dalam kondisi rileks, karakter positif dari nomor yang berhubungan dengan nomor enneagram kita diambil dengan urutan 1-7-5-8-2-4-1 dan 3-6-9-3, atau bisa disebut dengan tipe satu ke tipe tujuh, tipe tujuh ke tipe lima, dan seterusnya. Namun, saat sedang dalam kondisi tertekan, arahnya pun menjadi terbalik, yakni tipe satu mengambil karakter negatif dari tipe empat, tipe empat dari tipe dua, dan seterusnya.

Sementara itu, sayap merupakan percampuran dari tipe kepribadian. Pasalnya, kepribadian dapat bercampur atau dipengaruhi oleh tipe-tipe kepribadian yang ada di sebelah kiri dan kanan dari tipe kepribadian seseorang.

Misalnya, tipe sembilan mungkin memiliki sejumlah karakter dari tipe satu atau delapan, yang selanjutnya akan tertulis 9w1 atau 9w8. Tipe-tipe yang bersebelahan dengan tipe kepribadian inilah yang kemudian dinamakan dengan sayap (w).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Subtipe Enneagram dan Tipe Kepribadian Enneagram Berdasarkan Tiga Pusat

Adapun setiap tipe enneagram memiliki tiga subtipe yang didasari oleh tiga naluri dasar yang dibutuhkan bagi kehidupan. Beberapa subtipe tersebut di antaranya perlindungan diri (kebertahanan atau kesejahteraan), relasional (hubungan antarindividu), dan sosial (bagaimana kita berhubungan dengan masyarakat dan dunia secara keseluruhan).

Secara ideal, ketiga naluri ini memainkan perannya secara spontan dan di situasi yang tepat. Sementara itu, terdapat tipe kepribadian enneagram berdasarkan tiga pusat.

Menemukan pusat melalui tes adalah titik awal untuk menemukan tipe kepribadian enneagram. Tiap pusat terdiri dari tiga tipe yang berurutan dan berhubungan dengan tiga pusat dalam tubuh, yaitu jantung, kepala, dan perut.

Jantung atau heart types meliputi tipe dua (giver), tipe tiga (performer), dan tipe empat (romantic). Tipe giver biasanya tertarik pada orang dan pengasuhan karena mereka ingin menunjukkan suatu citra penyayang.

Tipe performer biasanya ingin selalu terlihat dalam kesan baik, sesuai norma-norma yang disepakati masyarakat. Sementara tipe romantic memiliki kebutuhan besar untuk mengekspresikan diri dan dilihat sebagai orang yang orisinil atau tidak meniru orang lain.

Adapun kepala atau head types meliputi tipe lima (observer), tipe enam (sceptic), dan tipe tujuh (epicure). Tipe observer biasanya mengandalkan kemampuannya sendiridan menemukan rasa aman dalam pengetahuan.

Tipe sceptic cenderung berusaha membebaskan rasa takut dengan izin dan persetujuan dari tokoh yang berkuasa dengan memberontak terhadap kekuasaan. Sementara tipe epicure merupakan aktif-optimis yang cenderung suka menyembunyikan emosi-emosi yang tidak menyenangkan, termasuk rasa takut.

Sementara itu perut atau body types meliputi tipe depalan (protector), tipe sembilan (peacemaker) dan tipe satu (perfectionist). Tipe protector akan menunjukkan citra yang kuat dan tidak takut memperlihatkan kemarahannya.

Tipe peacemaker merupakan sosok yang penurut, mudah menyesuaikan diri, dan seringkali tidak dapat mengendalikan kemarahannya. Sementara tipe perfectionist merupakan sosok yang sangat memedulikan kesempurnaan dan selalu menaati peraturan dan norma yang ada di sekitar.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat