uefau17.com

Deretan 8 Tokoh Penting di Balik Hari Sumpah Pemuda Indonesia - Regional

, Bandung - Hari ini, Jumat, (28/10/2022), bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-94. Pada tahun ini, tema yang diangkat adalah ‘Bersatu Bangun Bangsa’.

Sumpah pemuda bukan hanya sebuah peringatan sejarah. Lebih dari itu, Sumpah Pemuda adalah salah satu tonggak utama pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Hari Sumpah Pemuda menjadi salah satu peringatan bersejarah yang lahir karena hasil rapat pemuda di Kongres Pemuda Kedua pada 28 Oktober 1928. Saat itu, para pemuda menyelenggarakan sebuah rapat atau kongres oleh Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI).

Melalui kongres pemuda tersebut terlahirlah Ikrar Sumpah Pemuda atau lebih dikenal dengan Sumpah Pemuda yang dihasilkan melalui dua kongres yang dilaksanakan oleh para pemuda pada 27 dan 28 Oktober 1928. Adapun pertemuan kongres pemuda tersebut dihadiri sekitar 700 orang dari berbagai organisasi.

Jika dilihat sejarahnya, ada beberapa tokoh dari Kongres Pemuda II yang melahirkan Sumpah Pemuda. Berikut deretan tokohnya:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Muhammad Yamin

Muhammad Yamin merupakan salah satu tokoh yang terlibat dalam kongres pemuda di mana ia turut menyusun Ikrar Sumpah Pemuda yang dibacakan Kongres Pemuda II. Adapun Muhammad Yamin merupakan kelahiran Minangkabau yang terkenal sebagai penyair puisi gaya modern di Indonesia, serta tergabung dalam organisasi Jong Sumatranen Bond.

2. Sarmidi Mangoensarkoro

Sarmidi Mangoensarkoro atau S Mangoensarkoro merupakan salah satu tokoh yang penting dalam sumpah pemuda sebab ia merupakan salah satu orang yang sangat suka berbicara mengenai pendidikan untuk rakyat Indonesia. Ia juga sempat dipercaya menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada 1949 hingga 1950.

3. Amir Syarifuddin

Amir Syarifuddin Harahap merupakan tokoh yang turut penting dalam kongres Sumpah Pemuda. Ia merupakan wakil ketua dari Jong Batak Bond dan juga seorang aktivis anti Jepang yang telah berkontribusi dalam merumuskan ide-ide yang brilian dalam perumusan Sumpah Pemuda.

4. Johannes Leimena

Johannes Leimena merupakan salah satu panitia dalam Kongres Pemuda I dan II. Ia merupakan sosok pemuda dari Jong Ambon yang mempunyai profesi sebagai dokter sekaligus politisi.

3 dari 3 halaman

5. Djoko Marsaid

Djoko Marsaid merupakan seorang tokoh pemuda yang berasal dari Jong Java. Ia mempunyai peran sebagai Wakil Ketua Kongres Pemuda II. 

6. Soegondo Djojopoespito

Soegondo Djojopoespito merupakan salah satu tokoh pemuda yang menjadi ketua dalam memimpin jalannya kegiatan Kongres Pemuda II tersebut. Ia terpilih menjadi ketua atas persetujuan dari Mohammad Hatta.

7. W.R. Supratman

WR Supratman merupakan salah satu tokoh penting dalam Sumpah Pemuda. Ia menunjukkan lagu instrumental tanpa teks dengan alat musik biola yang menjadi lagu kemerdekaan Indonesia. Adapun WR Supratman dikenal sebagai wartawan, pengarang, hingga pencipta lagu Indonesia Raya.

8. Soenario Prof Mr Soenari Sastrowardoyo

Soenario Prof Mr Soenario Sastrowardoyo merupakan tokoh yang menjadi penasihat panitia dalam merumuskan Sumpah Pemuda dan pembicaranya. Ia merupakan tokoh yang aktif dalam Kongres Pemuda II serta sejarah nasional Manifesto 1925. Ia aktif sebagai pengacara serta membela para aktivis pergerakan yang berurusan dengan polisi Hindia Belanda.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat