uefau17.com

6 Ide Menikmati Akhir Pekan, Bisa Bikin Lebih Semangat Sambut Senin - Regional

, Yogyakarta - Setelah menjalani rutinitas pada hari kerja, akhir pekan menjadi hari yang paling ditunggu-tunggu. Akhir pekan, sering kali dijadikan ajang untuk melepaskan stres dan relaksasi.

Biasanya, kebanyakan orang akan menghabiskan saat akhir pekan dengan bersantai. Namun, tak jarang pula aktivitas yang dilakukan di akhir pekan, justru menguras energi, sehingga saat Senin tiba sering kali tubuh masih terasa lelah.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut ide menikmati akhir pekan yang bisa membuat hari Seninmu lebih bersemangat:

1. Menghindari “balas dendam” soal tidur

Pola tidur harian yang berkualitas memiliki peran untuk membuatmu merasa lebih bersemangat dan segar. Meskipun tidur beberapa jam lebih lama di akhir pekan terdengar menyenangkan, tetapi ada baiknya kamu tetap membiasakan diri untuk bangun pagi.

Hal ini bertujuan untuk menghindari jam tidur yang berantakan. Selain itu, cara ini juga bisa membantumu lebih fokus dan produktif. 

2. Menyusun jadwal aktivitas

Sebagian orang pasti sering menghabiskan waktu pada akhir pekan dengan tidak melakukan apa-apa. Hal ini terdengar wajar, tetapi ada baiknya kamu tetap mengisi akhir pekan dengan sejumlah kegiatan yang bermanfaat.

Buatlah rencana aktivitas yang akan dilakukan di akhir pekan. Dengan begitu, mood dapat lebih terjaga dan ketika Senin tiba kamu sudah kembali bersemangat.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Relaksasi

3. Lakukan kegiatan relaksasi yang tepat

Ada berbagai macam kegiatan relaksasi yang dapat kamu lakukan di akhir pekan. Pilihlah kegiatan yang bermanfaat sekaligus bisa menenangkan pikiranmu.

Sebagai contoh, kamu bisa menghabiskan akhir pekan dengan berkebun, melukis, membaca buku, atau melakukan hobi yang sudah lama tertunda. 

4. Tidak menumpuk semua kegiatan di akhir pekan

Jadwal yang padat mungkin membuatmu tidak sempat untuk melakukan sejumlah kegiatan rumah, seperti merapikan kamar, mencuci pakaian, dan lain sebagainya. Sebenarnya, tidak apa-apa menumpuk seluruh pekerjaan tersebut di akhir pekan.

Hanya saja, pastikan frekuensinya tidak terlalu sering. Pasalnya, aktivitas yang padat saat akhir pekan justru membuatmu lebih lelah saat memulai Senin.

5. Jauhkan diri dari gadget

Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk menjauhkan diri dari gadget. Berikan rasa damai pada dirimu sendiri dari stres pekerjaan maupun media sosial.

Tak perlu takut bosan atau mati gaya karena masih banyak kegiatan lain yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa mengganti kebiasaanmu bermain gadget dengan berkumpul bersama keluarga atau melakukan sejumlah hal positif dan produktif lainnya. 

6. Berolahraga

Jika kamu tak punya waktu berolahraga saat hari kerja, maka akhir pekan merupakan waktu yang tepat untuk melakukannya. Paling tidak, berolahraga satu jam saja di akhir pekan.

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan, olahraga juga dapat memproduksi hormon endorfin yang membuatmu lebih bahagia.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat