uefau17.com

3 Aneka Es Tradisional Jawa Tengah yang Menyegarkan - Regional

, Yogyakarta - Selain minuman hangat yang kaya rempah, Jawa Tengah juga memiliki koleksi minuman dingin tradisional yang tak kalah populer. Selain nikmat, aneka es ini juga sangat cocok dinikmati saat siang untuk menyegarkan diri.

Minuman dingin berupa es tradisional Jawa Tengah ini umumnya didominasi rasa manis. Tak lupa dipadukan dengan beragam isian dengan warna-warna yang cantik.

Berikut ini adalah daftar aneka es Jawa Tengah untuk menemani siang harimu:

1. Es gempol pleret

Es gempol pleret merupakan minuman dingin khas Solo, Jawa Tengah. Minuman ini berbahan dasar gempol dan pleret yang disajikan dengan kuah dari santan dan juruh atau sirup gula jawa.

Gempol merupakan makanan berbahan dasar adonan tepung beras yang diwarnai, kemudian dibuat berbentuk bola layaknya bakso. Sementara pleret berbahan dasar tepung ketan dan gula Jawa.

2. Es Dawet

Es dawet merupakan minuman dingin khas Jawa Tengah yang terbuat dari bahan dasar adonan tepung beras. Adonan tersebut kemudian disaring menggunakan saringan dawet hingga membentuk adonan yang memanjang.

Umumnya, dawet berwarna hijau, merah muda, atau putih. Dawet disajikan dengan kuah santan serta juruh atau sirup gula jawa sebagai pemanis, kemudian ditambah es.

Di Jawa Tengah ada dua macam es dawet yang populer, yaitu dawet ayu khas Banjarnegara dan dawet ireng khas Purworejo.

3. Es Cao

Es cao merupakan minuman khas Jawa Tengah berbahan dasar cincau hitam dan juruh atau sirup gula jawa. Cincau hitam tersebut dipotong membentuk kotak-kotak kecil.

Biasanya, es cao disajikan dengan tambahan mangga pakel, dawet, kolang kaling, atau perasan jeruk nipis. Ada juga es dawet yang ditambahkan dengan potongan tape singkong.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Saksikan video pilihan berikut ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat