uefau17.com

6 Rekomendasi Makanan Khas Jawa Barat yang Populer dan Jadi Favorit - Regional

, Bandung - Jawa Barat memiliki wilayah yang luas. Terdapat banyak kota dan kabupaten didalamnya. Hal ini menjadikan Jawa Barat memiliki berbagai macam makanan khas.

Makanan khas Jawa Barat biasa dikenal dengan makanan Sunda. Banyak masyarakat Indonesia yang menyukai makanan khas Jawa Barat. Jika berlibur ke daerah ini, tak jarang orang-orang yang mencoba makanan khas daerah ini.

Berikut rekomendasi makanan khas Jawa Barat yang populer dan menjadi favorit banyak orang.

1. Lotek

Makanan yang satu ini dikenal sebagai saladnya Indonesia. Terbuat dari macam-macam sayuran membuat lotek menjadi makanan sehat yang mengandung banyak gizi.

Biasanya makanan sehat memiliki rasa yang hambar, tetapi lotek tetap lezat untuk dinikmati karena makanan ini dilengkapi dengan bumbu kacang yang menambah cita rasa makanan ini.

Lotek terbuat dari sayur-sayuran yang direbus kemudian ditambah bumbu kacang. Sayur-sayuran yang ada di lotek biasanya yaitu kacang panjang, kol, kangkung, bayam, dan tauge. 

Berbeda dengan gado-gado, lotek memiliki ciri khas pada bumbu kacangnya. Bumbu kacang lotek biasanya ditambah ketang, tempe goreng, kencur, dan terasi.

Lotek dapat dinikmati dengan menambahkan nasi ataupun lontong. Biasanya juga lotek disajikan bersama kerupuk sebagai pelengkap. 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berikutnya

2. Empal Gentong

Empal gentong berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Makanan ini terbuat dari bahan dasar daging sapi dan jeroan dengan tambahan kuah santan berwarna kuning.

Perpaduan daging dan kuah membuat makanan ini sangat enak untuk dinikmati. Makan empal gentong ini biasa dibarengi dengan nasi panas.

Seperti namanya, empal gentong ini dimasak pada gentong yang dibakar menggunakan kayu dari pohon mangga. Pemililihan kayu bakar dari pohon mangga ini dikarenakan kayu pohon mangga yang mengandung sedikit air sehingga membuat proses masak dari empal gentong ini lebih maksimal.

3. Tutug Oncom

Tasikmalaya juga memiliki makanan khasnya tersendiri, yaitu tutug oncom. Tutug oncom berarti oncom yang ditumbuk. Makanan ini terbuat dari oncom yang ditumbuk dan dicampur dengan nasi. Oncom yang digunakan bisa menggunakan oncom bakar ataupun goreng.

Makan tutug oncom biasanya ditambah dengan lauk tambahan seperti ayam, tahu, tempe maupun lalapan.

Tutug oncom ini menjadi favorit karena makanan ini cocok buat yang ingin merasakan makan nasi dengan cita rasa berbeda.

4. Karedok

Mirip dengan lotek yang terbuat dari sayuran yang diberi bumbu kacang, karedok ini terbuat dari sayur-sayuran segar yang tidak direbus dan langsung diberi bumbu kacang.

Sayur-sayuran karedok terdiri dari timun, kacang panjang, tauge, kol, terong hijau, dan daun kemangi.

Makanan ini cukup disukai oleh banyak orang karena sayuran segar cocok ditambah dengan bumbu kacang. Makan Karedok lebih enak dinikmati dengan nasi panas dan kerupuk. 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Mie Kocok

Mie kocok berasal dari Bandung. Mie kocok terbuat dari mie gepeng berwarna kuning yang ditambah dengan kuah kaldu sapi. Mie kocok juga berisi tauge, sawi, kikil, daging, dan bakso.

Mie kocok sangat digemari banyak orang. Mie nya bertekstur lembut. Rasa kuahnya segar. Topping tambahannya sangat cocok untuk dinikmati.

Makanan ini diberi nama mie kocok karena melihat dari proses pembuatannya. Proses pembuatan mie ini dibuat dengan cara di kocok. Mie, tauge, sawi dikocok dalam satu wadah logam agar layu. Setelah dikocok mie tersebut diberi kuah dan ditambah bakso, daging, dan kikil. 

6. Sate Maranggi

Berbeda dengan sate biasanya, sate ini terbuat dari daging sapi atau kambing tanpa diberi bumbu kacang. Daging yang yang dijadikan sate ini memiliki rasa lezat tersendiri yang tidak kalah dengan sate daging ayam.

Sate maranggi banyak ditemui di Jawa Barat. Sate ini berasal dari Purwakarta, tetapi sate ini juga sangat populer di Cianjur. Sate maranggi di setiap daerah di Jawa Barat memiliki ciri khas yang berbeda.

Itu dia beberapa makanan khas Jawa Barat. Masih banyak lagi makanan khas yang ada di Jawa Barat. Mana yang sudah kamu coba?

Penulis: Najwa Rahmadina

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat