uefau17.com

Jangan Anggap Sepele, Ini Ciri-Ciri Kamu Sedang Lelah Mental - Regional

, Yogyakarta - Selalu ada fase naik dan turun dalam hidup. Terkadang, seseorang kesulitan  dalam menghadapi situasi yang tidak bisa diprediksi.

Hal tersebut tak jarang bisa mempengaruhi mental, seperti gampang stress, sedih, berpikiran negatif, bahkan bisa sampai berdampak pada kesehatan fisik. Mengutip dari thepowerofsilence.co, berikut ciri lelah mental.

1. Mudah merasa jengkel

Menghadapi situasi sulit seperti kegagalan dan ketidakmampuan memang tidak mudah. Seringkali, seseorang lebih memilih untuk menghindari kontak dengan lingkungan luar karena tidak ingin mengalami kegagalan yang sama.

Emosi yang tidak stabil inilah yang kemudian menjadikan seseorang menjadi mudah jengkel dan marah. Jika tidak segera diatasi, akan berdampak buruk bagi diri sendiri bahkan orang sekitar.

2. Level motivasi berkurang drastis

Faktor-faktor, seperti pekerjaan yang tak kunjung selesai dan banyaknya tuntutan, tak jarang membuat seseorang merasa demotivasi dalam hidup. Alhasil, seseorang akan merasa "hidup enggan mati tak mau", atau istilah lainnya hilang motivasi.

Hal ini menandakan kalau seseorang sedang butuh rehat. Jangan memaksakan diri terlalu keras dan segera temukan inspirasi dan motivasi yang ada di sekitar.

3. Sering merasa cemas

Karena lelah mental yang berlebihan, seseorang bisa tiba-tiba merasa sangat stress dari biasanya. Hal itu bisa menimbulkan rasa mudah  cemas (anxiety) setiap hari.

4. Jam tidur bermasalah

Insomnia atau bahkan hypersomnia bisa menjadi salah satu tanda bahwa ada yang salah dengan kondisi mental seseorang. Rasa lelah mental yang berlebih seringkali membuat seseorang susah tenang dan merasa insecure, yang mengakibatkan susah tidur.

Penulis: Resla Aknaita Chak

Saksikan video pilihan berikut ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat