uefau17.com

Tarekat Naqsabandiyah Sumut Mulai Laksanakan Salat Tarawih Ramadhan 1443 Hijriah - Regional

, Medan Para jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah di Sumatera Utara (Sumut) mulai melaksanakan Salat Tarawih, Kamis (31/3/2022) malam. Mereka menetapkan 1 Ramadhan 1443 Hijriah pada Jumat, 1 April 2022.

Tuan Guru Syekh Muhammad Nur Ali mengatakan, awal puasa Ramadhan yang ditetapkan Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah berdasarkan hitungan dari Hisab Qomariyah di Bandar Tinggi, Kabupaten Simalungun.

"Kita lebih awal menetapkan 1 Ramadhan dari penetapan Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama. Penetapan awal puasa kita berdasarkan hitungan dari Hisab Qomariyah," kata Nur Ali.

Dalam pelaksanaan Salat Tarawih, Nur Ali mengimbau seluruh jamaah untuk mengikuti dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat, sesuai dengan anjuran pemerintah untuk mencegah penyebaran dan penularan Covid-19.

"Di Bandar Tinggi, Salat Tarawih dilaksanakan di Masjid Pondok Pesantren Yayasan Dr Syekh Salman Daim," terang Nur Ali.

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah di Sumut juga sudah menetapkan 1 Syawal 1443 Hijriah, yaitu Idul Fitri pada 1 Mei 2022.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jemaah di Medan

Sama halnya dengan di Bandar Tinggi, Simalungun, jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah di Medan dan Deli Serdang, juga mulai melaksanakan Salat Tarawih malam ini.

Sekretaris Badan Rumah Ibadah Suluk Marindal, Syekh Muda Khoiruddin mengatakan, Salat Tarawih dilaksanakan usai pihaknya melakukan sidang fatwa di Bandar Tinggi.

"Sidang fatwa dipimpin langsung buya kita. Karenanya, malam ini kita melaksanakan Salat Tarawih berjamaah," sebutnya.

Bagi jemaah di Medan dan Deli Serdang, Salat Tarawih dilaksanakan di Rumah Suluk Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah, Jalan Kongsi, Gang Leman Harahap, Desa Marindal 1, Kecamatan Patumbak, Deli Serdang.

"Malam ini Salat Tarawih perdana dihadiri sekitar 100 orang jemaah. Untuk barisan laki-laki berada di ruangan depan, dan perempuan berada di ruangan belakang," terang Khoiruddin.

3 dari 3 halaman

Kerap Berbeda

Diterangkan Khoiruddin, penetapan awal Ramadhan dan Lebaran oleh Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah kerap berbeda dengan jadwal yang ditetapkan Pemerintah Indonesia. Menurutnya, perbedaan itu tidak perlu dibesar-besarkan.

"Karena ini untuk lingkungan kita sebagai jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah," tandasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat