uefau17.com

Menikmati Dingin Pagi di Wisata Ilomata River Camp Bonebol yang Jadi Primadona - Regional

, Gorontalo - Satu lagi objek wisata alam di Kabupaten Bone Bolango (Bonebol). Namanya wisata Ilomata River Camp, wisata yang terletak di Desa Ilomata, Kecamatan Bulango Ulu, Kabupaten Bonebol ini, menarik perhatian pengunjung.

Wisata minat khusus yang belum lama dibangun oleh pemerintah desa ini, berkolaborasi dengan Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW). Meski baru dibuka, tempat ini sudah menjadi primadona.

Memang, akses menuju lokasi wisata terbilang cukup menantang. Kondisi jalan yang berkelok dan menanjak, menjadi tantangan tersendiri bagi para pelancong saat menuju lokasi.

Sementara jarak tempuh yang dibutuhkan pengunjung, diperkirakan membutuhkan waktu satu jam perjalanan dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Namun, lelahnya perjalanan akan terbayar sudah saat pengunjung sampai di lokasi. Wisata yang menyajikan konsep alam dengan wahana arung jeram dan perkemahan tersebut mampu menghipnotis pengunjung.

Dinginnya air sungai Bulango menjadi salah satu daya tarik wisatawan saat berada di wisata tersebut. Pepohonan rindang yang tumbuh di bantaran sungai pun menjadi penyebab jika udara di sekitar sangat sejuk.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wisata Konsep Camping

Tidak hanya itu, lokasi wisata ini juga menyediakan wahana perkemahan tepat di bantaran sungai. Bagi pengunjung yang ingin menginap, bisa menyewa tenda kamping yang sudah disediakan oleh pengelola.

Menikmati suasana malam hari pun tak kalah mengesankan. Dari dalam tenda terdengar gemericik air sungai seakan memberikan kesan damai. Kicauan burung endemik sulawesi di waktu pagi, melengkapi suasana, sambari seruput kopi pinogu khas Bonebol.

"Pokoknya suasananya dapat, kita bisa menginap dan tak perlu membawa tenda. Sebab, di sini sudah disediakan," kata Aldo Podungge kepada , Selasa (1/2/2022).

Menurutnya, yang paling mengesankan ketika berada di lokasi ini ialah saat mencoba menelusuri sungai Bulango menggunakan perahu karet. Tentu hal ini sangat menguji adrenalin para pengunjung.

"Wahana arung jeram ini sangat bagus untuk dicoba saat berada di lokasi," tuturnya.

"Kalau soal airnya, tidak diragukan lagi, selain dingin airnya jernih lagi. Pokoknya sangat mengesankan," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Peningkatan Pendapatan Desa

Sementara Bupati Bonebol, Hamim Pou mengatakan, jika sumber daya alam di Kabupaten Bonebol mampu meningkatkan ekonomi masyarakat jika dikelola dengan baik. Aliran sungai serta hutan yang masih terjaga bisa dimanfaatkan secara maksimal.

"Kabupaten ini sebetulnya kaya dengan alam. Tinggal bagaimana kita memanfaatkan dan bagaimana kita mengelolanya," kata Hamim.

Ia mengaku, sejumlah wisata alam di Bonebol diharapkan bakal menjadi ciri khas Kabupaten ke depan. Bisa dipastikan jika orang dari luar daerah ketika mau mengunjungi Bonebol pasti ingat dengan wisata.

"Pasti kalau wisata ini dikelola dengan bagus, daerah ini akan dikenal dengan sejuta wisata alam," tuturnya.

Bahkan, kata Hamim, pengelolaan wisata tersebut tidak sepenuhnya dikelola oleh pemerintah daerah. Sebab, ada pemerintah desa yang juga harus dihidupkan dalam hal pendapatan asli desa.

"Jika pendapatan asli desa tumbuh, maka saya yakin dan percaya Bonebol kedepan masyarakat akan mandiri dan tidak berharap lagi bantuan pemerintah daerah," ia menandaskan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat