uefau17.com

Kaesang Pangarep soal Maju di Pilkada Jakarta: Tak Hanya Punya Popularitas dan Elektabilitas - Pemilu

, Jakarta Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep merespons soal dukungan Gerindra untuk maju di Pilkada Jakarta. Menurut dia, hal tersebut bukan masalah.

"Indonesia ini kan negara besar ya, tidak hanya Jakarta saja, ya selama memang didukung oleh partai-partai, ya enggak masalah juga," kata dia di Jakarta, Jumat (21/6/2024).

Putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi ini menuturkan, untuk bisa maju di Pilkada Jakarta bukan hanya modal popularitas semata. Melainkan punya etos kerja bagi warganya.

"Kan yang sebenarnya itu kita enggak hanya punya popularitas, enggak hanya punya elektabilitas. Tapi yang penting etos kerja untuk masyarakat Jakarta yang lebih penting," tutur Kaesang.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menyatakan, sosok Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep memenuhi syarat maju Pilkada Jakarta 2024.

Oleh karena itu, ia mengaku tak akan kaget bila Kaesang beneran maju Pilkada.

“Kaesang kan memenuhi syarat untuk maju, jadi saya sendiri gak akan terkejut misalnya suatu saat Mas Kaesang maju, gak ada masalah menurut saya,” kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (20/6/2024).

Apalagi, kata Habiburokhman, ayah dari Kaesang, Presiden Joko Widodo masih berpengaruh besar dalam dinamika Pilkada 2024.

“Ya tentu (berengaruh) dong, kan di masyarakat kita begitu kalau pemimpin-pemimpin yang mereka hormati tentu mereka akan dengar juga gitu, masukan mereka, sikap politik mereka, gesture politik mereka tentu menurut saya sih masih sangat berpengaruh ya,” pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anies Bertemu Relawan, Diminta Maju Pilkada Jakarta Tanpa Kaesang

Mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies Baswedan menghadiri acara Silaturahmi Elemen Warga Jakarta di Pekayon Raya, Jakarta Selatan, Rabu (19/6/2024). Saat berada di lokasi, warga yang hadir terlihat beberapa kali meneriaki Anies agar tidak berpasangan dengan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep dalam Pilkada DKI Jakarta 2024.

Momen itu terjadi saat warga perwakilan dari Jakarta Barat dan Jakarta Selatan menyampaikan aspirasinya kepada Anies. Warga mendukung penuh langkah Anies untuk kembali menjadi gubernur DKI Jakarta, namun tak berpasangan dengan Kaesang.

Diketahui, Kaesang mempunyai bisnis kuliner olahan pisang bernama Sang Pisang. Awalnya, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini membangun bisnis Sang Pisang bersama Ansari Kadir sejak 2017.

Adapun dalam kegiatan ini, pendukung Anies juga menorehkan tanda tangan di kain putih sepanjang 1 kilometer sebagai bentuk dukungan untuk Anies agar maju sebagai gubernur  DKI Jakarta Jakarta periode 2024-2029.

Atas dukungan itu, Anies mengucapkan terima kasih karena masih diberikan kepercayaan untuk berjuang di  Jakarta. Anies menegaskan perjuangan dalam Pilpres 2024 sudah selesai, sehingga dia bakal konsentrasi maksimal di Jakarta.

"Saya ingin ingatkan bahwa fase perjuangan kemarin sudah lewat, dan fase baru ini kita konsentrasi pada warga Jakarta yang membutuhkan tangan negara," kata Anies.

 

3 dari 3 halaman

Warga Harus Merasakan

Menurutnya, Jakarta ke depan akan menjadi kota perekonomian besar di Indonesia maupun dunia, sehingga warga yang tinggal di dalamnya juga harus merasakan pertumbuhan ekonomi tersebut.

"Kita tak ingin mereka yang kecil hidupnya sulit di Jakarta, kebijakan ke depan harus berpihak pada keadilan, yakni membesarkan yang kecil tanpa mengecilkan yang besar, apalagi ke depan  Jakarta adalah pusat perkonomian maka sepantasnya masyarakat merasakan ekonominya tumbuh," jelas Anies.

Lebih lanjut, Anies juga berpesan kepada relawan agar saling dukung sehingga apa yang menjadi tujuan bersama yakni menghadirkan  Jakarta sebagai kota yang setara dan berkeadilan dapat diwujudkan

"Sekarang kita fokus untuk membuat warga Jakarta merasakan kehidupan dengan tenang dan kita fokus disitu, bila Allah izinkan apa yang dikerjakan kemarin bisa diteruskan," ujar Anies.

 

Reporter: Nur Habibie/Merdeka.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat