uefau17.com

Survei: Elektabilitas Faida Tertinggi di Pilkada Jember - Pemilu

, Jakarta - Lembaga Timur Barat Research Center (TBRC) merilis hasil survei elektabilitas tiga tokoh yang bersaing di Pilkada Jember 2024, yakni Faida mantan Bupati Jember 2016-2021, Muhammad Fawait anggota DPRD Jatim, dan Hendy Siswanto Bupati Jember incumbent.

Direktur Executive TBRC, Johanes Romeo mengatakan, dari hasil penelitian survei TBRC, tingkat elektabilitas mantan Bupati Jember Faida menjadi yang tertinggi jelang Pilkada 2024.

Dari survei TBRC, tingkat elektabilitas (Top of Mind) Faida sebagai calon bupati Jember unggul di urutan pertama dengan 37,7 persen. Di urutan kedua ada Bupati Jember Hendy Siswanto, yang elektabilitasnya 20,7 persen. Selanjutnya Muhammad Fawait dengan persentase tingkat elektabilitas 17,7 persen.

Dan tokoh lainnya seperti Jaddin Wajads 4,6 persen dan Hadi Supaat 3,6 persen, dan tokoh lainnya di bawah 2 persen.

“Dalam uji simulasi 3 nama calon Bupati Jember Hendy Siswanto, Faida, dan Muhammad Fawait dengan pertanyaan tertutup, pada kertas kuisioner tertera nama-nama 3 calon Bupati Jember, dengan diberi pertanyaan siapa yang akan dipilih dan layak serta mampu memimpin Kabupaten Jember Menurut saudara? Hasilnya Faida mantan Bupati Jember paling banyak dipilih hingga 43,7 persen, di urutan kedua Muhammad Fawait 21,6 persen, dan urutan ketiga Hendy Siswanto 19,1 persen dan tidak memilih 15,6 persen,” kata Johanes dalam keterangan tertulis, Selasa 18 Juni 2024.

Menanggapi hasil survei TBRC soal Pilkada Jember 2024, Pengamat Politik Institute for Digital Democracy (IDD), Bambang Arianto menilai bahwa unggulnya Faida karena masih diinginkan masyarakat untuk jadi Bupati Jember di Pilkada 2024.

"Unggul Faida di survei TBRC, karena adanya keinginan Masyarakat Jember untuk Faida untuk memimpin Jember di pilkada Jember 2024. Faida pernah memiliki bekal sebagai Bupati Jember, sehingga masyarakat Jember lebih memilih Faida menjadi bupati di Pilkada 2024," kata Bambang

“Faida sebagai salah satu sosok perempuan yang maju di Pilkada Jember dan telah membuktikan kinerja selama menjabat sebagai Bupati Jember sebelumnya. Ini menjadi peluang Faida menang Pilkada Jember 2024,” ucapnya.

“Tinggal partai politik pendukung Faida untuk menggerakan mesin politiknya dan melakukan pendekatan dengan masyarakat Jember .Melalui program kerja nyata dan pro masyarakat,” tutupnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Metode Survei

Direktur Executive TBRC, Johanes Romeo mengatakan survei yang bertujuan untuk mengukur preferensi masyarakat Jember terhadap tingkat elektabilitas tokoh calon Bupati Jember di Pilkada 2024 ini dilakukan sejak 30 Mei-10 Juni 2024 terhadap 1.660 responden yang tersebar secara proposional di 22 kelurahan, dan 180 desa di Kabupaten Jember.

"Pengambilan sampel didasarkan pada populasi jumlah Daftar Pemilih Tetap Kabupaten Jember pada Pemilu 2024 menggunakan Metode Multistage Random Sampling terhadap responden dengan 'margin of error ± 2,40 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen," tutupnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat