uefau17.com

Survei LKPI: Elektabiltas Lalu Aria Dharma 25,8 Persen, Tertinggi di Pilwalkot Mataram - Pemilu

, Jakarta - Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) melakukan survei untuk mengukur elektabilitas dan popularitas bakal calon walikota Mataram.

LKPI menemukan fakta menarik terkait keinginan warga kota mataram dalam memilih walikotanya di Pilkada 2024. Dimana hampir 63,8 persen menginginkan tokoh baru untuk memimpin kota Mataram dan sebanyak 28,9 persen menginginkan walikota dan wakil walikota petahana untuk melanjutkan kepemimpinan di kota Mataram dan sebanyak 7,3 persen tidak menjawab.

Terkait tingkat kepuasan warga kota Mataram terhadap tata kelola kota, sebanyak 64,3 persen tidak puas dengan yang dijalankan oleh Walikota dan Wakil Walikota yang berkuasa saat ini. Sebanyak 31,8 persen puas dan 3,9 persen tidak menjawab.

Untuk tingkat elektabilitas dengan simulasi terbuka dengan mengajukan pertanyaan seandainya pemilihan Wali Kota Mataram Dilaksanakan hari ini.

“Hasilnya nama Lalu Aria Dharma yang menjabat sebagai sekretaris dewan menjadi tokoh yang paling banyak diinginkan untuk memimpin kota Mataram, dimana tingkat keterpilihan secara Top of Mind mencapai 25,8 persen. Di urutan kedua walikota Mataram Mohan Roliskana dipilih sebanyak 21,7 persen. Wakil Wali Kota Mataram TGH Mujiburrahman dipilih 17,9 persen. Hj. Putu Selly Andayani dipilih sebanyak 8,7 persen,” Direktur Eksekutif LKPI, Togus Lubis dalam keterangannya, Rabu (26/6/2024).

Togu menyebutkan, Ketua DPRD Kota Mataram Didi Sumardi 4,8 persén, Ketua DPC Partai Gerindra Kota Mataram Abd Rahman dipilih sebanyak 2,8 persen dan Direktur RSUD Provinsi NTB dr HL Herman Mahaputra 2,4 persen dan tokoh lainnya di bawah 1 persen.

Dalam simulasi tertutup dengan diajukan 6 nama bakal calon walikota Mataram, hasilnya Lalu Aria Dharma dipilih sebanyaknya 30,7 persen.

"Diurutan kedua H Mohan Roliskana dipilih sebanyak 26,6 persen. Kemudian TGH Mujiburrahman dipilih sebanyak 20,8 persen dan Hj Selly Andayani dipilih sebanyak 9,3 persen , H Muzihir sebanyak 5,7 persen , dan Abd Rahman sebanyak 3,1 persen."

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ingin Perubahan

Menanggapi hasil survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI), Pengamat Politik Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Yogyakarta, Ludiro Madu menilai bahwa naiknya elektabilitas Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Mataram, Lalu Aria Dharma sebagai bakal calon walikota Mataram karena masyarakat ingin adanya perubahan dalam peningkatan ekonomi.

“Ya naiknya elektabilitas Sekwan DPRD Kota Mataram, Lalu Aria Dharma, karena masyarakat Mataram ingin yang berubah dan meningkatnya ekonomi untuk masyarakat,” kata Ludiro.

Menurut dia, saat ini tinggal Lalu Aria Dharma membangun kepercayaan dengan program nyata yang lebih mementingkan kebutuhan masyarakat Kota Mataram, seperti pembangunan infrastruktur, fasilitas pendidikan, prasarana umum, kesehatan, peningkatan ekonomi agar masyarakat Kota Mataram merasakan kesejahateraan.

“Sebagai sekwan sudah modal untuk merebut suara masyarakat Kota Mataram, maka peluang menang Lalu Aria Dharma sangat besar dengan menjalani program pro rakyat,” bebernya.

3 dari 3 halaman

Metode Survei

Survei LKPI ini melibatkan 1.250 Warga Kota Mataram yang tersebar 50 kelurahan di Kota Mataram secara proposional berdasarkan Daftar Pemilih Tetap pemilu 2024.

Penarikan data dalam survei ini mengunakan metode multistage random sampling. Survei ini memiliki margin of error 2,77 persen dan Tingkat Kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan pada 11-22 Juni 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat