uefau17.com

BEM Nusantara Deklarasi Pemilu Damai di Gong Perdamaian Dunia - Pemilu

, Jakarta - Forum temu nasional BEM Nusantara ke-XIV di Institute Agama Kristen Negeri, Ambon, Maluku berjalan lancar. Usai giat tersebut, dua poin konkret dihasilkan.

Pertama deklarasi pemilu damai dan kedua, mendukung A.M Sangadji dinobatkan dengan gelar pahlawan nasional oleh pemerintah Republik Indonesia. Kedua hal ini dilakukan di Gong Perdamaian dengan diikuti ratusan peserta perwakilan BEM/DEMA Se-Indonesia.

Ahmad Faruuq, koordinator pusat periode 2022-2023 menyampaikan, deklarasi pemilu damai perlu digaungkan untuk mengajak mahasiswa dan pemuda agar mengawal pemilu dengan damai. Apalagi, tahun 2024 suara pemuda menjadi penentu sehingga pemuda harus terlibat aktif.

"Kami juga mendukung A.M Sangadji segera menjadi pahlawan nasional Indonesia. Beliau yang tidak hanya berjuang untuk daerahnya, tetapi juga untuk Indonesia. Beliau adalah inspirasi untuk generasi muda terus mempertahankan nilai keadilan, persatuan, dan kemerdekaan," kata Faruuq seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (14/11/2023).

Sementara itu, Muksin Mahu Koordinator Pusat BEM Nusantara periode 2023-2024 mengungkapkan, kondusifitas jelang Pemilu 2024 perlu diwujudkan secara bersama. Oleh karena itu, setelah terpilih, Muksin langsung mendeklarasikan pemilu damai.

"Melalui deklarasi harus kita sambut baik dan dukung bersama dan bukan hanya sebagai wacana atau slogan belaka, tetapi harus benar-benar diwujudkan dalam bentuk komitmen nyata," tutur dia.

Delegasi presiden mahasiswa dari berbagai kampus seluruh Indonesia mengajak dan menghimbau peserta Pemilu agar bisa menunjukkan sportivitas. Menurut Muksin, yang paling utama adalah santun berkampanye dalam mencari simpati masyarakat

"Saya harap para calon berkampanye dengan santun agar masyarakat bisa meningkatkan partisipasi untuk mengikuti Pemilu," tutup Koordinator Pusat BEM Nus 2023-2024.

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara juga berkomitmen memperjuangkan pengakuan A.M Sangadji sebagai Pahlawan Nasional Indonesia. A.M Sangadji. Diketahui, sosok tersebut adalah tokoh pejuang asal Maluku yang dikenal sebagai pionir pergerakan kemerdekaan Indonesia.

“A.M Sangadji berperan besar dalam menggalang semangat perlawanan terhadap penjajahan. Beliau berkontribusi signifikan dalam membentuk semangat nasionalisme di tengah-tengah masyarakat. Oleh karena itu, kami berkomitmen agar A.M Sangadji dinobatkan pahlawan nasional," ujar Muksin.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teladani A.M Sangadji

Sementara itu, koordinator daerah BEM Nusantara Maluku, Jihad Nahumarury menyampaikan bahwa mahasiswa dapat meneladani A.M Sangadji.

Dia memastikan, BEM Nusantara secara kelembagaan menyatakan komitmennya untuk bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk lembaga pendidikan, organisasi masyarakat, dan pemerintah daerah guna mendukung proses agar A.M Sangadji atau Jago Tua dari timur dapat segera ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional.

“Kami berencana akan terus membangun semangat kolektif melalui kegiatan edukatif dan budaya untuk memperkenalkan sejarah dan jasa A.M Sangadji kepada generasi muda. Dalam upayanya memperjuangkan pengakuan ini, BEM Nusantara berharap agar A.M Sangadji dapat diakui sebagai salah satu pahlawan nasional,” kata dia.

"Kami berharap warisan perjuangan A.M Sangadji dapat terus menginspirasi dan dikenang oleh seluruh bangsa Indonesia," Jihad Nahumarury menutup.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat