uefau17.com

Ganjar Janjikan HAKI Bisa Jadi Akses Modal Pada Pelaku Industri Kreatif - Pemilu

, Jakarta Bakal calon presiden Ganjar Pranowo, mengunjungi pameran Urban Sneaker Society (USS) di JCC Jakarta, Jumat (3/11/2023) malam. Ganjar membeli beberapa barang karya lokal, Ganjar juga mendengar curhat para pelaku industri kreatif di sana.

Beragam persoalan disampaikan peserta USS adalah terkait pemasaran, pelatihan hingga kemudahan untuk dapat akses modal.

Salah satu pelaku industri kreatif, Dilla berharap bisa diumudahkan mendapat modal dengan jaminan intelektual property atau HAKI.

"Selama ini kami tahu bapak konsen betul soal ini dan pernah mengatakan akan memperjuangkan pelaku industri kreatif dalam negeri mendapatkan akses modal dengan IP atau HAKI. Tolong kalau bisa itu bisa segera terwujud pak," kata Dilla dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (4/11/2023).

 

Ganjar juga menegaskan, pemerintah sudah punya aturan yang menyatakan jika IP atau HAKI bisa digunakan sebagai agunan untuk mendapat akses permodalan ke bank.

"Sebenarnya sangat bisa karena aturannya sudah ada. Sudah ada Peraturan Pemerintah (PP) yang mengatur hal itu," ucap Ganjar.

Namun Ganjar mengakui, sampai saat ini hal itu belum berjalan dengan optimal. Dan pemerintah ke depan lanjut dia harus menjadikan program itu sebagai prioritas.

"Kan aturannya sudah ada. Hanya tinggal kemauan dan keseriusan dari pemerintah untuk mengeksekusi," ucapnya.

Sebenarnya lanjut Ganjar, saat menjabat sebagai Gubernur Jateng, ia sudah memulai dengan menggandeng Bank Jateng. Namun memang, skalanya masih belum bisa optimal. Oleh karena itu, ia berjanji akan memudahkan akses modal ke depan.

"Ke depan ini memang harus ditindaklanjuti karena tadi keluhan para pelaku industri kreatif itu sama. Mau pinjam ke bank tidak punya agunan. Mereka berharap IP dan HAKI bisa dipakai. Aturan sudah ada, tinggal komitmen dan kemauan. Tunjuk saja satu atau dua bank untuk mengeksekusi, maka industri kreatif Indonesia pasti maju," pungkasnya.

Pada kunjungannya, Ganjar juga membeli aneka produk yang dijajakan. Mulai sepatu, jaket, kaos, sandal, kemeja, topi dan lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ziarah ke Makam Proklamator, Ganjar Doa Agar Negara Ini Berjalan Sesuai Konstitusi

Calon Presiden (capres) Ganjar Pranowo mengatakan dirinya dan calon wakil presiden (cawapres) Mahfud Md diajak oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri berziarah ke Makam Presiden Sukarno (Bung Karno) Blitar Jawa Timur, Jumat (3/11/2023). Di depan makam Bung Karno, Ganjar berdoa agar Indonesia berjalan sesuai dengan konstitusi.

"Kita bareng-bareng di sana berdoa, mendoakan Bung Karno agar negara ini lebih baik, agar negara ini berjalan sesuai dengan konstitusi, sesuai dengan cita-cita para pendiri," kata Ganjar Pranowo di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Jumat (3/11/2023).

"Dan kita mendoakan Bung Karno dan tentu refleksi bagi kita semua agar kemudian semua berjalan dengan baik," sambung dia.

Dia mengakui ziarah ke makam Bung Karno juga terkait Pilpres 2024. Ganjar menegaskan PDI Perjuangam tak bisa dipecah belas oleh siapapun.

"Kita mesti meneguhkan, sebagai partai kita mestu bersatu dan kuat. Enggak bisa dipecah oleh siapapun. Dan barang siapa memecah partai ini anda berlawanan dengan banteng," tegas Ganjar.

Sebelumnya, pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres dan cawapres), Ganjar Pranowo dan Mahfud MD melakukan ziarah ke makam proklamator sekaligus Presiden Republik Indonesia pertama, Soekarno, di Blitar, Jawa Timur, Jumat (3/11/2023).

Menurut Ganjar, ziarah bersama ini telah direncanakan jauh-juah hari dan hari ini bisa terlaksana dengan baik.

3 dari 3 halaman

Sosok Sukarno di Mata Ganjar

"Kita hari ini nyekar. Kita hari ini ziarah bersama Bu Mega dan Pak Mahfud. Tentu kita mendoakan mudah-mudahan Bung Karno disana diterima (amal ibadahnya), dan kita selalu mendapatkan inspirasinya," kata Ganjar seusai ziarah dilakukan.

Ganjar menilai sosok Sukarno sebagai figur yang konsisten membela rakyat kecil. Menurut Ganjar, teladan Sukarno akan diikutinya dengan baik.

"Semangat mandiri, berjuang, bela wong cilik dan konsisten. Itu yang harus dilakukan," tegas Ganjar.

Ganjar berziarah didampingi istrinya, Siti Atiqoh Supriyanti dan anaknya, Muhammad Zinedine Alam Ganjar. Mahfud juga didampingi istrinya, Zaizatun Nihayati dan keluarga.

Mereka berziarah bersama dengan Ketua Umum PDIP, sekaligus anak Sukarno, Megawati Soekarnoputri. Turut mendampingi, Prananda Prabowo dan Puan Maharani dan sejumlah pengurus DPP PDIP.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat