uefau17.com

Menteri Bahlil Tanyakan Keseriusan Foxconn Investasi Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia - Otomotif

, Jakarta - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, bakal mengunjungi markas Hon Hai Precision Industry Co. Ltd alias Foxconn, bulan depan untuk bertanya terkait keseriusan pabrikan asal Taiwan ini untuk investasi pabrik baterai kendaraan listrik di Indonesia.

Namun, Bahlil sendiri memastikan, investasi Foxconn di indonesia akan tetap berjalan pada 2023. Meskipun, rencana groundbreaking atau peletakan batu pertama pabrik baterai Foxconn sempat diundur beberapa kali.

"Foxconn, saya rencana mau ke sana, rencananya setelah 17 Agustus," ujar Bahlil Lahadalia saat ditemui di kantornya, di Jakarta, ditulis Minggu (23/7/2023).

Atas rencananya itu, dia menegaskan kalau investasi Foxconn ke ekosistem kendaraan listrik tak akan batal.

"Enggak dong, jangan terlalu batal-batal, saya alergi. Janganlah," tegasnya.

Bahlil menerangkan, komitmen investasi ini sejalan dengan adanya aturan mengenai pengenaan subsidi bagi kendaraan listrik nantinya. Salah satunya diperlukan adanya pabrik dari perusahaan luar negeri yang beroperasi di Indonesia. Untuk itu, dia memastikan kalau rencana investasi tersebut akan masuk di tahun ini.

"Rencananya tahun ini," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

AdacDinamika Internal Foxconn

Sebelumnya, Bahlil mengungkap kalau Foxconn tengah mengalami dinamika di internal perusahaan. Sehingga, realisasi groundbreaking pabrik tak jadi di awal tahun 2023.

"Mungkin sudah hampir selesai dinamikanya, dan kalau sudah selesai, lalu akan ditentukan waktu groundbreaking-nya," ujar dia di Kompleks DPR RI beberapa waktu lalu.

Dalam catatan , Foxconn rencananya akan mulai membangun pabrik pada pertengahan 2022. Namun, mundur ke awal 2023. Karena adanya dinamika, disebut Foxconn kembali menunda rencana pembangunan pabrik di Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat