uefau17.com

Harga Sapi Kurban Presiden Jokowi Setara Honda Brio Satya - Otomotif

, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah memesan hewan kurban berupa sapi jantan yang harganya setara Honda Brio bekas.

Sapi pilihan orang nomor satu di Indonesia itu jatuh kepada sapi hitam berjenis Limosin usia empat tahun dengan bobot mencapai 850 kilogram.

Sapi bernama Markoseng itu merupakan milik peternak sapi di Desa Morome, Konawe Selatan. Pemilik sapi Edi Ardianto mengaku kaget sapinya terpilih menjadi hewan yang akan dikurbankan oleh Presiden Jokowi.

Setelah dipesan oleh sang presiden, Markoseng pun dirawat secara khusus dengan diberi makan rumput gajah yang dicampur dengan vitamin tertentu. Tidak main-main sapi jantan berbadan bongsor itu terjual dengan harga yang cukup tinggi yakni, sekitar Rp 110 juta. 

Namun, membeli sapi kurban dengan harga ratusan juta Rupiah bukanlah hal yang baru bagi Presiden Jokowi.

Pada perayaan Idul Adha tahun lalu, Jokowi juga membeli sapi seberat 1,07 ton dari seorang peternak di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan harga Rp 125 juta.

Tentunya angka tersebut sangat fantastis bagi masyarakat pada umumnya, apalagi untuk hewan kurban. Harga satu ekor kambing kurban saja dijual mulai dari Rp 2,8 juta hingga Rp 5 juta per ekor.

Sebagai perbandingan, harga sapi yang dipesan Jokowi untuk Idul Adha tahun ini sudah setara dengan berbagai jenis mobil bekas. Salah satu contohnya ada Honda Brio Satya keluaran 2016.

Menurut berbagai situs jual beli mobil bekas (mobkas), satu unit mobil LCGC ini dijual dengan harga Rp 105-125 juta.

Untuk spesifikasinya, Brio 2016 dibekali dengan mesin 1198 cc yang dapat mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 89 tk dan torsi 110 Nm. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Model Lain

Selain Brio, Honda juga punya Mobilio 2016 yang dibanderol sekitar Rp 110-135 juta. Mobil yang satu ini merupakan jenis MPV dengan mesin 1496 cc yang dapat memuntahkan tenaga 18 tk dan torsi sebesar 145 Nm.

Bukan hanya Honda, sang rival, Toyota juga punya berbagai mobkas dengan kisaran yang sama. Salah satunya adalah Toyota Yaris keluaran 2013 yang dibanderol Rp 115-130 jutaan.

Yaris 2013 memiliki mesin berkapasitas 1497 cc. Enjin tersebut sanggup menghasilkan tenaga maksimal sebesar 107 HP serta torsi puncak sebesar 142 Nm.

Kemudian, juga ada mobil yang dijuluki kendaraan sejuta umat yakni, Toyota Avanza yang juga dijual dengan harga Rp 115-135 juta.

Mobil jenis MPV ini ditopang dengan mesin 1329 cc yang dapat mengeluarkan tenaga maksimum 91 tk dan torsi 120 Nm.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat