uefau17.com

Harga Bensin Semakin Mahal, Pria Ini Ciptakan Motor Berbahan Bakar Bir - Otomotif

, Jakarta - Sebelum teknologi otomotif sudah secanggih sekarang, kendaraan bermotor dulunya ditenagai oleh tenaga uap. Seiring dengan berkembangnya zaman, kendaraan bertenaga uap ini pun akhirnya mulai ditinggalkan.

Namun, pada Juli 2022 yang lalu, seorang pria asal Minnesota, Amerika Serikat (AS) berhasil merakit sepeda motor bertenaga uap yang sangat unik. Pasalnya, sepeda motor ini bukanlah kendaraan bertenaga uap biasa.

Bayangkan saja, bahan bakar yang digunakan untuk menggerakkan kendaraan roda dua tersebut adalah uap yang dihasilkan dari tangki besar yang berisi bir. Sepeda motor ini diciptakan oleh Ky Michaelson, yang lebih dikenal dengan julukan "Rocketman".

"Harga bahan bakar semakin tinggi di sana, kebetulan bukan peminum, jadi saya tidak bisa memikirkan hal lain yang lebih baik selain menggunakan bir sebagai bahan bakar," ucap Michaelson saat diwawancara Fox 9 KMSP-TV.

Sepeda motor bertenaga bir ini dikerjakannya selama beberapa tahun terakhir, bersama dengan putranya, Buddy. Video Michaelson dan anaknya sedang mengentas motor rakitan itu terdapat di akun Youtube resminya yang bernama ‘’Ky Michaelson’’. 

Dalam video tersebut motor ini terlihat sangat unik dengan tabung besar di bawah tangki layaknya sepeda motor antik. Menurut informasi dari rideapart, sepeda motor ini menggunakan tong bir berukuran 14 galon dan koil pemanas untuk menghasilkan tenaga uap yang menyembur dari bagian belakang ketika suhu di dalamnya mencapai 148 derajat Celcius.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berbagai Kreasi Unik

Tidak lama setelah memamerkan tampilan motor bertenaga bir tersebut sang anak pun mulai memasukan satu botol bir ke dalam tangki. Sesudahnya, ia menyatukan dua kabel yang terhubung pada pada mesin motor ini.

Setelah kedua kabel tersebut telah menyatu, mesin pun langsung menyala. Tidak disangka-sangka knalpot motor itu tiba-tiba langsung meledakkan uap tebal dengan tenaga yang besar.

Jika diperhatikan uap yang dikeluarkan knalpot ini terlihat seperti semburan alat pemadam api ringan. Suara yang dikeluarkan pun sangat bising layaknya mesin roket.

Saking kencangnya motor tersebut sampai melesat ke depan. Untungnya ban sepeda motor ini diberi penahan sehingga tidak terjatuh.

Menariknya, ternyata sepeda motor bertenaga bir bukan satu-satunya inovasi unik dari Ky Michaelson, salah satu adalah toilet bertenaga roket. Jika penasaran, Michaelson banyak membahas berbagai karya-karyanya yang lain di kanal youtube resminya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat