uefau17.com

Debut Perdana Tim Balap Toyota Astra di Kancah Internasional Berlangsung Sukses - Otomotif

, Jakarta - Toyota Gazoo Racing Indonesia yang berada di bawah naungan PT Toyota Astra Motor, sukses mengukir prestasi baru pasca melakoni debut mereka dalam ajang balap internasional GT World Challenge Asia, yang berlangsung akhir pekan kemarin (13-14/5/2023) di Sirkuit Chang Internasional, Thailand.

Tim yang menggunakan Toyota GR Supra GT4 sebagai mobil balapnya, juga ditopang oleh dua pembalap bertalenta yakni Haridarma Manoppo dari Indonesia dan Seita Nonaka, dari Jepang. Di samping itu, dukungan yang diberikan oleh teknisi dari Jepang untuk mempersiapkan mobil balap juga menjadi poin penting dalam keberhasilan Toyota Gazoo Racing Indonesia pada balap tersebut.

Toshio Obara, Presiden Direktur TCD Asia Pacific Indonesia, mengungkapkan di mana keikutsertaan mereka dalam ajang ini untuk melakukan improvement dalam hal pengembangan tim.

"Sebenernya objectivenya, kita ini mau melakukan improve tim. Karena untuk balap di nasional kita sudah oke. Sekarang saatnya untuk steping ke ajang internasional, dan ini merupakan langkah pertama kita. Sesuai dengan tagline Gazoo Racing, Pushing The Limit for Better," jelas Toshio Obara, dalam keterangannya.

 

Sementara itu, Haridarma Manoppo menyampaikan bahwa melalui debut ini ada banyak hal yang ia dan tim petik untuk dijadikan bahan pembelajaran.

"Kesimpulannya, di event ini kita banyak mendapatkan pelajaran dan pengalaman baru. Dan ini tujuannya adalah apabila nanti pada balapan berikutnya, kita bisa lebih baik lagi dalam mempersiapkan segala sesuatunya," ungkap Haridarma Manoppo, dalam keterangannya.

Ia juga turut menambahkan perihal persiapan yang dilakukan, pada balapan kedua yang berlangsung Minggu (14/5/2023), tim terlihat lebih matang serta lebih rileks.

"Kalau saya merasa saat balapan kedua itu, tim terlihat lebih prepare dan lebih rileks bila dibandingkan balapan pertama," tambahnya.

Saat balapan pertama dan kedua, tim asal Indonesia ini berhasil menempati podium pertama untuk kategori GT4.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi GR Supra GT4 Milik TGRI yang Bertarung di Ajang GT World Challenge Asia

Tim balap pabrikan Toyota Gazoo Racing Indonesia, memastikan diri untuk berlaga di ajang balap GT World Challenge Asia seri pertama yang berlangsung di Sirkuit Chang International, Buriram, Thailand, pada akhir pekan ini (13-14/05/2023).

Dalam kesempatan tersebut, TGRI, menurunkan mobil balap Toyota GR Supra yang telah disesuaikan untuk kategori GT4. Sport car dua pintu ini telah mengalami modifikasi baik dari sisi performa, eksterior dan interior untuk meningkatkan kemampuannya di atas lintasan.

 Dalam keterangannya, Haridarma Manoppo, pembalap TGRI yang nantinya akan menggeber Toyota GR Supra GT4 ini mengatakan, secara spesifikasi mobil yang ia gunakan masih sama dengan mobil GR Supra pada umumnya.

"Yang pasti shockbreakernya kalau yang ini (spec GT4) sudah diganti, berbeda dengan yang standar. Jadi handlingnya lebih enak. Tapi kalau mesinnya, memang sudah mengalami re-maping di bagian mesin," jelas Haridarma Manoppo.

Beberapa ubahan yang dilakukan di sektor luar, meliputi penyematan lips bumper depan, penggunaan window frame dari bahan karbon, penyematan bonnet pin di kap mesin, dan rear wing besar di bagian belakang.

Pada bagian kaki-kaki, velg pun kini menggunakan versi competitive besutan OZ Racing dengan ukuran diameter 18 inci serta dibalut dengan ban Pirelli P Zero berukuran 305/660 R18.

3 dari 3 halaman

Infografis: Deretan Bank Digital di Indonesia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat