uefau17.com

Toyota Luncurkan Mobil Baru Pekan Depan, Yaris Cross? - Otomotif

, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) siap merilis satu model baru, pekan depan (15/5/2023). Tidak disebutkan secara detail mobil apa yang akan diluncurkan pabrikan asal Jepang ini di Indonesia, namun kabar yang beredar adalah Toyota Yaris Cross.

Namun, dalam undangan yang diterima , terdapat keterangan jika model baru ini sebuah icon of urban cruiser.

"Bersama surat ini, PT Toyota-Astra Motor mengundang perwakilan jurnalis dari media Bapak/Ibu untuk menghadiri World Premiere kendaraan terbaru Toyota yang merupakan Icon of Urban Cruiser," tulis Toyota dalam undangan yang masuk ke meja redaksi.

Sebelumnya, model yang diduga Toyota Yaris Cross ini memang sudah didaftarkan paten desainnya di Pangkalan Data Kekayaan dan Intelektual (PDKI) Kemenkumham Indonesia, pada 2021 lalu.

Dapur pacu Toyota Yaris Cross Mengutip laman resmi Honda Jepang, Yaris Cross dirancang dari basis Yaris Hatchback terbaru yang sudah mengusung sasis Toyota New Global Architecture atau TNGA-B. Terkait jantung pacunya, pabrikan menyediakan dalam jenis mesin bensin dan juga hybrid.

Nah untuk opsi bensin, di balik kapnya bersemayam mesin 1.500 cc Dynamic Force Engine dengan kode M15A-FKS. Mesin ini mampu menghempaskan tenaga maksimal 120 PS atau setara 118,3 daya kuda dan torsi puncak 145 Nm yang disalurkan lewat transmisi Direct Shift CVT.

Untuk opsi kedua dibenamkan mesin hybrid 1.500 cc dengan teknologi Toyota Hybrid System generasi II. Mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga maksimal sampai 91 PS atau 89,7 daya kuda dan torsi tertinggi menyentuh 120 Nm. Output ini dikawinkan dengan transmisi e-CVT.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur dan teknologi

Bicara teknologi dan fiturnya, Toyota Yaris Cross dibekali beberapa piranti canggih. Mengutip Toyota Global, SUV ini dibenamkan dengan Toyota Safety Sense.

Di antaranya adalah Pre-collision Safety System, Low Speed Acceleration Control, The Emergency Steering Assist, Radar Cruise Control, Lane Tracing Assist (LTA), Adaptive High-beam System (AHS), dan Road Sign Assist (RSA).

Tak luput juga hadir ISOFIX serta sabuk pengaman tiga titik untuk pengemudi dan seluruh penumpang. Kemudian fitur keamanan Airbags, Blind Spot Monitoring, S-VSC with lateral wind control, sampai Secondary Collision Brake.

3 dari 3 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan RI

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat