uefau17.com

Cara Mudah Cegah Kehabisan Oli Mesin Saat Berkendara - Otomotif

, Jakarta - Perawatan berkala wajib dilakukan agar sepeda motor selalu dalam kondisi prima. Pada sektor mesin misalnya, pemilik sepeda motor harus rutin memeriksa kondisi oli atau pelumasnya dan menggantinya secara berkala.

Jangan sampai volume oli di mesin tinggal sedikit atau bahkan sampai habis. Pasalnya komponen mesin bisa rusak karena tak terlumasi dengan sempurna.

Nah, untuk mengantisipasi supaya hal ini tidak terjadi, ada beberapa hal yang bisa Sahabat lakukan. Berikut tips mengecek kondisi oli mesin agar tidak kehabisan oli selama sepeda motor digunakan, seperti yang disitat dari laman resmi Federal Oil.

Pertama periksa seal klep. Jangan sampai seal ini rusak atau robek. Pasalnya, jika seal klep rusak maka peluang terjadi kebocoran oli mesin makin terbuka lebar. Apabila terjadi kebocoran maka bisa mengakibatkan oli mesin cepat habis.

Hal lain yang mesti diperhatikan adalah rutin mengganti oli. Hal ini dilakukan agar kendaraan bermotor anda tidak kehabisan oli.

Pastikan juga menggunakan oli mesin yang direkomendasikan untuk meminimalisasi kerusakan pada komponen-komponen mesin.

Perlu diperhatikan juga, jika terdapat asap putih tipis mengepul dari lubang knalpot, patut dicurigai disebabkan oleh ring piston yang aus. Asap putih tersebut merupakan oli mesin yang terbakar

Untuk oli yang digunakan, sebaiknya menggunakan pelumas yang sesuai peruntukannya. Perhatikan juga tingkat kekentalan dan SAE yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Federal Oil Sabet Penghargaan Lagi

Bicara soal Federal Oil, brand pelumas mesin sepeda motor yang berada di bawah naungan PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) baru-baru ini menyabet penghargaan Indonesia Top Digital Public Relations Award 2023.

Ini merupakan kali pertama Federal Oil memenangkan penghargaan Indonesia Top Digital Public Relations Award, dan aspek yang dinilai dari penghargaan ini berasal dari tiga hal, yaitu Digital Media Aspect, Social Engagement Aspect, dan Digital Mention Aspect.

"Semoga dengan kepercayaan yang diberikan, kami merasa percaya diri dengan pola komunikasi yang kami lalukan, dan kami juga berkomitmen akan terus meningkatkan dan menjaga komunikasi kami kepada para konsumen kedepannya" terang Rommy Averdy Saat, Federal Oil Brand General Manager PT EMLI dalam keterangan resminya.

Menurutnya, metode pengukuran yang dilakukan dalam menentukan peraih penghargaan untuk perusahaan dan merek terpilih berdasarkan kinerja komunikasi yang dilakukan melalui media online dan juga media sosial seperti YouTube, Facebook, Instagram, dan platform sosial media lainnya.

"Kami juga bangga dan mengapresiasi kinerja tim, karena pola komunikasi yang kami lakukan bisa saling menguatkan antara Federal Oil dengan para konsumennya. Kami juga merasa dekat dengan para konsumen, karena dengan begitu mereka juga selalu ingat dengan Federal Oil" tutup Rommy.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat