uefau17.com

Mengenal Sosok Rara Istiati Wulandari, Sang Pawang Hujan MotoGP Mandalika 2022 - Otomotif

, Jakarta MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia berlangsung pada 18-20 Maret 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Cuaca pada saat free practice MotoGP Jumat 18 Maret, dan kualifikasi 19 Maret 2022 bisa dibilang sulit ditebak.

Hujan besar lalu berganti menjadi panas terik bisa terjadi. Pada Minggu (20/3/2022) siang pada hari balapan, cuaca terpantau cerah sejak pagi hari. Uniknya ada keterlibatan pawang hujan bernama Rara Istiati Wulandari yang menjaga kondisi cuaca di MotoGP Mandalika 2022.

Baca Juga

Wanita yang akrab disapa Mba Rara ini melakukan ritual di sirkuit Mandalika untuk menolak hujan. Ia juga sering mejadi pawang hujan pada acara kenegaraan.

"Pawang hujan memang identik mengusir hujan atau memindahkan hujan. Padahal kadang kita perlu hujan juga supaya trek dingin, tidak panas. Udaranya ini kan enak sekali panas, mendung tidak selalu panas dan tidak hujan memang hujan," ungkap Koordinator Sirkuit Mandalika dari MGPA, Denny Pribadi.

Seorang pawang hujan melakukan ritual saat sesi latihan bebas MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (18/3/2022). (AFP/Bay Ismoyo)

Menurut Denny, sebelum event dimulai sang pawang hujan akan berputar-putat terlebih dahulu untuk menentukan lokasi sesajen. "Sebelum event mba Rara muter, nanti dia menyimpan sesajen di mana, seperti di pintu race control, di tempat start, dan di dalam," lanjut Denny.

Setelah selesai digunakan, sesajen tersebut rupanya dibagikan ke orang-orang. "Kalau sudah selesai sesajennya itu dibagi-bagi. Kan ada buah-buahan. Mbanya itu sangat humble. Bekasnya sesajen itu ternyata tidak apa-apa, padahal kalau orang awam itu takut, bekasnya sesajen itu bakal sakit perut atau hal lainnya," Denny memungkasi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pernah Jadi Pawang Hujan Kampanye Jokowi

Sosok Rara Wulandari bukanlah pawang hujan sembarangan. Sebelumnya, ia sempat menjadi pawang hujan di acara kampanye Presiden Joko Widodo.

Rara pun sudah beberapa kali menjadi pawang hujan di acara kenegaraan. Tak heran jika sosoknya dekat dengan para pejabat.

Pawang hujan Rara Istiati Wulandari sudah jadi langganan acara kenegaraan. (Sumber: Instagram/rara_cahayatarotindigo)

Untuk di MotoGP, Rara mengaku memang secara resmi dipekerjakan Indonesia Tourism Development Corporation selaku perusahaan BUMN pemilik Sirkuit Mandalika yang juga membawahi MGPA selaku panitia penyelenggara.

Rara juga dikabarkan melakukan ritual menolak hujan di Mandalika karena rekomendasi dari Menteri BUMN Erick Tohir.

3 dari 6 halaman

Redakan Hujan Deras Jelang Start MotoGP Mandalika

Hujan lebat mengguyur Sirkuit Mandalika jelang dimulainya balapan MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia, Minggu (20/3/2022). Di tengah hujan, pawang hujan yang dikenal sebagai Mbak Rara muncul di jalur pitstop dan memasuki tengah sirkuit. 

Aksinya mengundang perhatian penonton dan juga para pembalap yang menunggu hujan reda. Terlihat wanita bernama lengkap Rara Istiati Wulandari ini melakukan ritual untuk menyetop hujan deras.

Pawang hujan yang diketahui bernama Mbak Rara berkeliling melakukan ritual untuk mencegah hujan terjadi dengan berbagai sesajen di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (20/3/2022). Hujan membuat balapan MotoGP Mandalika ditunda. (/Thomas)

Pantauan , sang pawang sempat keliling sirkuit dengan panjang 4.31 kilometer itu. Aksi pawan hujan mengundang reaksi dari para penonton MotoGP Mandalika 2022. Mereka pun heboh dan meneriakkan sang pawang.

Tak hanya itu, para jurnalis MotoGP luar negeri pun dibuat terkejut. Mereka yang sedang duduk mengetik di media center kemudian berdiri. Para jurnalis luar negeri ini meninggalkan media center untuk mengabadikan apa yang dilakukan sang pawang agar hujan segera berhenti.

Balap MotoGP sendiri sedianya akan dilaksanakan pada 14.00 WIB, setelah itu diundur menjadi 14.10 WIB. Namun, huja belum juga reda.

Pawang hujan yang diketahui bernama Mbak Rara berkeliling melakukan ritual untuk mencegah hujan terjadi dengan berbagai sesajen di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (20/3/2022). Hujan membuat balapan MotoGP Mandalika ditunda. (/Thomas)

Tak lama setelah ritual dilakukan Mbak Rara, hujan mulai reda sekitar pukul 15.00 WIB. Balapan MotoGP pun akhirnya diputuskan untuk digelar pada pukul 15.15 WIB.

4 dari 6 halaman

MotoGP Apresiasi Kinerja Pawang Hujan

Pawang hujan yang akrab disapa Mbak Rara seketika viral setelah bertugas di gelaran MotoGP Mandalika 2022.

Semula dia diledek karena hujan tak kunjung berhenti. Namun, pada akhirnya pawang hujan ini membuktikan kepiawaiannya. Hujan pun berhenti seketika dan balapan dapat segera dilaksanakan.

Setalah hujan berhasil reda, kinerja Mbak Rara dipuji tim MotoGP. 

“IT WORKED!” tulis Twitter resmi MotoGP dikutip Minggu (20/3/2022).

Komentar-komentar miring pun berbalik menjadi komentar baik. Bahkan salah satu warganet mengatakan bahwa pekerjaan Rara bisa go international.

"Plot twist : pawangnya sengaja datengin itu hujan biar bisa masuk kamera dan nunjukin kesaktiannya, calon client bisa mancananegara," kata pengguna Twitter.

“Makanya enggak usah ngeledek lo pada... Work kan dia,” tulis pengguna lainnya..

“Budaya ini tuh, karena Bali dan Lombok memang kental dengan kebudayaannya… makannya jangan pada moyokin.. justru ini ciri khasnya dari indonesia.. di negara lain mungkin enggak ada,” tulis warganet lainnya.

5 dari 6 halaman

Diparodikan Quartararo

Sebelum hujan reda, akun resmi MotoGP juga mengunggah video Mbak Rara yang tengah beraksi.

Di tengah guyuran hujan, ia tetap berusaha melakukan hal tersebut walaupun hujannya tak kunjung reda.

Aksi sang pawang pun diparodikan oleh pembalap asal Prancis Fabio Quartararo. Bedanya, Fabio menggunakan mangkuk makanan dan sendok plastik untuk meniru gerakan Mbak Rara. Tak sengaja mangkuk itu jatuh dan mengundang gelak tawa.

6 dari 6 halaman

Infografis MotoGP Indonesia Mandalika 2022

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat