uefau17.com

Usung Gaya Bobber, Royal Enfield Classic 500 Ini Bikin Pangling - Otomotif

, Jakarta - Produk-produk Royal Enfield kerap dijadikan "bahan" oleh modifikator ataupun builder motor kustom. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh FrontWheel Motors dari Bogor yang mengubah Royal Enfield Classic 500 menjadi bobber.

Bengkel yang berada di selatan Jakarta ini mengkustomisasi unit berperawakan klasik menjadi lebih popular.

Menurut Chandra, builder dari FrontWheel Motors mengubah Classic 500 punya tantangan tersendiri. Apalagi sang pemilik memberi otoritas penuh kepadanya atas perubahan yang dilakukan.

Dan akhirnya FrontWheel mengambil inspirasi dari adat budaya Jepang. Konsepnya dengan tampilan sederhana, namun selalu menawan. Mereka menamai proyek itu 'Raijin’, Dewa Guntur Jepang.

Tugas terpenting dalam proyek ini adalah mengubah penopang Royal Enfield Classic 500, untuk membuatnya lebih panjang dan rendah. FrontWheel mencapai ini dengan mengubah sudut kemudi, dan memperpanjang lengan ayun.

Kemudian mereka menambahkan satu set segitiga custom untuk memuat garpu OEM berprofil lebar dan memberi ruang bagi roda gambot.

Dengan penyortiran tersebut, rodanya memakai pelek 16 inci depan-belakang, kemudian dibalut dengan ban Coker Tire ukuran 5 inci.

Bodywork Classic 500 juga mengalami perombakan besar-besaran. FrontWheel memodifikasi tangki bawaan. Bagian penopang lutut pengendara dibuat lebih ke dalam. Lalu menambahkan tutup tangki gaya Monza.

Di belakangnya ada kursi bobber yang ramping, diikuti oleh spatbor ducktail yang dirancang khusus untuk menyelesaikan ujung ekornya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagian Lainnya

Bagian tengah juga tak luput dari ubahan sang builder. Kotak peralatan on-board yang menempel ditanggalkan dan diganti dengan filter udara.

Namun bentuk covernya masih bertahan. Lalu mereka mengganti knalpot dengan wujud yang lebih rapi.

FrontWheel juga memasang lampu depan kecil, dan membuat dudukan khusus untuk speedo dari Motogadget. Setang pakai model camar, grip baru, throttle baru, reservoir minyak rem yang ditingkatkan, dan sakelar minimalis.

Kunci kontak telah dipindahkan ke kiri, tepat di bawah tangki. Lampu sein depan dibuat tersembunyi, mereka adalah unit LED kecil, dipasang di bawah tuas tiap sisi.

Pencahayaan di bagian belakang ditangani oleh sinyal belok LED kecil yang dipasang pada shock mount, dan stoplamp berada di samping. Bracket pelat nomor disematkan pada shock belakangnya.

Urusan mesin tak banyak yang dirombak, terlihat hanya ada pemasangan intake custom, skid plate, serta exhaust system kustomisasi.

Hasil akhir Raijin sengaja dibuat monokrom. Cat perak pada tangki dan spatbor belakang dilengkapi dengan sejumlah bagian hitam, memberikan kesan sederhana pada bobber kompak ini.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat