uefau17.com

Balapan Libur Gara-Gara Corona, Intip Kesibukan Mekanik Balap - Otomotif

, Jakarta - Akibat pandemi Corona Covid-19, aktivitas balap di Indonesia terpaksa dihentikan akibat adanya peraturan pemerintah yang membatasi segala kegiatan mengumpulkan orang banyak. Dengan demikian, kesibukan mekanik yang biasa menangani mobil balap pun menjadi berkurang. Lantas apa yang menjadi kesibukan mereka?

Mekanik balap GRT Team, Hadi Taruna atau yang akrab disapa Hatar, menjelaskan bahwa kesibukannya dengan mobil balap memang berkurang dari sebelumnya.

Dengan liburnya balapan, maka aktivitas Hatar juga otomatis berubah, dari yang sebelumnya sibuk dengan mobil balap kini beralih dengan mengerjakan aktivitas lainnya.

"Selama masa libur balap, fokus saya saat ini untuk berkarya di bengkel. Salah satu pekerjaan yang saya kerjaan adalah menangani mobil harian dan membuat kreativitas lain untuk custom mobil harian. Untuk kerjaan harian itu umum, pemeliharaan dan perbaikan kendaraan, serta konsultasi online untuk yang berada di luar jabodetabek," ujar Hatar.

 

Simak Video Pilihan Di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengerjakan Engine Swap

Beberapa pekerjaan yang kembali digelutinya adalah melakukan modifikasi terhadap mobil kustomer yang datang. Kebutuhan konsumen pun sangat beragam, mulai dari modifikasi harian sampai yang menaikkan tenaga pada ruang mesin.

"Yang lebih menarik karena libur tidak ada balap adalah, membuat kreativitas dan inovasi untuk pekerjaan modifikasi mobil harian. Macam-macam, ada yang arahnya ke efisiensi dan ada juga yang arahnya ke performance serta membangun kembali mobil-mobil yang sudah lama tidak digunakan," tambah Hatar.

 

3 dari 4 halaman

Sistem Injeksi

Selain itu, Hatar, modifikasi atau ubahan yang juga dilakukan oleh Hatar adalah melakukan perubahan sistem injeksi. Bahkan, ia juga menambahkan sempat melakukan pengerjaan engine swap untuk mobil konsumen.

"Dari merubah sistem injeksi mobil lawas ke sistem injeksi seperti sekarang dengan ECU OEM, mengupgrade mesin Peugeot keluaran terbaru, swap engine, bangun ulang mobil-mobil yang lama tidak digunakan serta membuat replika mesin dan sistem injeksinya yang tidak masuk ke Indonesia dan beberapa pekerjaan lainnya. Jadi sebenarnya selama libur balap malah menjadi efektif untuk berkreasi," tandasnya.

4 dari 4 halaman

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat