uefau17.com

Kaya Akan Air, Ini 2 Manfaat Kesehatan Melon Buat Tubuh - On Off

, Jakarta Buah melon mengandung 90 persen air bahkan lebih. Karena itu, buah satu ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Beberapa jenis melon, yaitu semangka hingga blewah, dikemas dengan nutrisi penting, seperti antioksidan. “Sementara kebanyakan melon memiliki komposisi nutrisi yang mirip seperti protein dan kalori, mereka berbeda dalam vitamin dan mineral,” terang ahli diet terdaftar di Orlando HealthBridgette de Juan.

Melansir Well and Good, Senin (5/6/2023), berikut ini dua manfaat utama melon yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi terlebih ketika musim panas.

1. Memiliki sifat antioksidan yang kuat

Anda mungkin pernah mendengar ahli gizi atau diet terdaftar menggunakan frasa "makan pelangi", yang merupakan cara menarik untuk mengatakan bahwa Anda harus mengonsumsi buah dan sayuran secara teratur dalam berbagai warna. Itu karena warna-warna itu berasal dari pigmen yang berbeda, yang masing-masing memiliki manfaat kesehatannya sendiri.

Warna khas semangka dan melon berasal dari pigmen yang dikenal sebagai karotenoid. Itu memiliki sifat antioksidan kuat. Warna merah semangka yang kaya berasal dari lycopene, karotenoid yang juga ditemukan pada produk merah lainnya, seperti tomat dan jambu biji.

"Lycopene diketahui bertindak sebagai antioksidan kuat dengan menghilangkan limbah dan menghilangkan kerusakan sel," kata de Juan. Dia menambahkan bahwa penelitian menunjukkan bahwa lycopene dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis, kondisi neurodegeneratif, dan kanker tertentu.

Di sisi lain, melon yang berwarna oranye kemerahan dari beta karoten, karotenoid yang diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Padahal, menurut de Juan, blewah adalah sumber vitamin A sehingga baik untuk mata. Dan, di antara ketiganya, mereka juga menawarkan vitamin C paling banyak, dikenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sementara itu, melon juga memiliki serat paling banyak dan kaya akan potasium, mineral penting yang dicatat de Juan "dapat membantu mendukung tekanan darah yang sehat”.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Membantu tetap terhidrasi

“Menurut Layanan Penelitian Pertanian USDA, melon menempati urutan pertama sebagai yang tertinggi dalam air bebas, sementara semangka di urutan ketiga,” kata de Juan. Dia menambahkan, “Mungkin rasanya semangka memiliki air paling banyak karena kandungan seratnya lebih rendah sehingga terasa sangat empuk dan berair saat kita gigit.”

Seperti melon lainnya, melon juga mengandung vitamin C dan potasium dalam jumlah yang baik — alasan bagus lainnya untuk menambahkan melon manis berdaging hijau ini ke dalam menu.

Tips Mengonsumsi Melon

Melon tentunya sangat nikmat jika dimakan segar sebagai camilan, baik diiris maupun dipotong dadu. Namun, Anda tidak harus membatasinya pada piring karena buah ini juga bisa dimasukkan ke dalam hidangan manis dan gurih.

Namun, De Juan menyarankan agar membungkus irisan melon dalam prosciutto untuk hidangan pembuka ala Italia. “Selalu ada sesuatu untuk semua orang,” katanya.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat