uefau17.com

Mengenal Asam Tartarat Buat Eksfoliasi Wajah yang Bisa Melembapkan Kulit - On Off

, Jakarta Selain AHA dan BHA, produk eksfoliasi juga salah satunya ada yang mengandung asam tartaric atau dikenal asam tartarat. Lantas, apa manfaat asam tartaric ini?

Melansir laman Well and Good, Kamis (1/12/2022), asam tartarat adalah sejenis asam alfa-hidroksi (AHA) yang ditemukan dalam anggur dan buah-buahan lain, seperti jeruk dan pisang.

“AHA adalah exfolian kimiawi yang dengan lembut memecah ikatan antar sel kulit untuk mengangkat sel kulit mati dari lapisan superfisial kulit yang menyebabkan kulit kusam,” kata dokter kulit bersertifikat yang berbasis di New York City Michele Green.

Sementara itu, biasanya beberapa produk perawatan kulit tertentu yang mengandung asam harus tidak diperbolehkan dicampur dengan bahan lain. Hal itu untuk menghindari kemerahan, pengelupasan, dan iritasi. Namun, asam tartarat justru berperan menjaga perdamaian untuk membantu kulit menghindari efek buruk ini.

“Ini telah terbukti sebagai penstabil pH, yang membantu menjaga rentang pH [di kulit Anda] yang dibutuhkan AHA lain untuk bekerja secara efisien,” kata Green. Karena alasan ini, Anda akan sering melihat tartarat bersama asam lain dalam produk perawatan kulit.

Manfaat Asam Tartarat

1. Menghasilkan kulit yang lebih cerah

Karena asam tartarat adalah AHA, manfaat terbesarnya adalah mampu mengangkat sel kulit mati.

“Dengan menghilangkan lapisan atas sel kulit mati melalui pengelupasan kimiawi, asam tartarat membantu menampilkan kulit baru yang sehat dengan warna dan tekstur kulit yang lebih merata,” kata Green.

2. Menawarkan perlindungan antioksidan

Selain menawarkan pengelupasan kulit yang lembut, asam tartarat kaya akan antioksidan. Kandungan tersebut merupakan kunci untuk melindungi kulit dari kerusakan sel yang disebabkan oleh tekanan lingkungan, seperti kerusakan akibat sinar UV dan polusi.

“Ini melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas dan stres oksidatif yang berkontribusi pada tanda-tanda penuaan, seperti garis halus dan kerutan, kelemahan kulit, dan pigmentasi,” kata Green.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Melembapkan

Mungkin Anda jarang menemukan bahan yang mengeksfoliasi sekaligus menghidrasi secara bersamaan, tetapi asam tartarat mampu melakukannya.

"Telah terbukti memiliki sifat pelembab untuk meningkatkan hidrasi dan membuat kulit montok," kata Green.

"Asam tartarat dipecah menjadi tartramida, yang meniru ceramide yang ditemukan di kulit yang menjaga kulit tetap terhidrasi dan membantu menjaga pelindung alaminya,” lanjut dia.

Dengan kata lain, mekanisme ini membuat bahan perawatan kulit cocok bahkan untuk mereka yang memiliki kulit kering dan sensitif.

4. Meningkatkan penyerapan produk lain

Karena menghilangkan penumpukan di permukaan kulit, asam tartarat membantu mengoptimalkan kinerja rutinitas Anda selanjutnya.

“Mengangkat sel kulit mati, kotoran, dan kotoran memungkinkan produk perawatan kulit apa pun seperti serum dan pelembab yang dioleskan setelahnya diserap lebih dalam dan mudah untuk memberikan manfaat maksimal,” kata Green.

 

3 dari 3 halaman

Cara Menggunakan Asam Tartarat

Meskipun asam tartarat bisa diterapkan pada berbagai jenis kulit, ada beberapa aturan umum yang direkomendasikan Green untuk menghindari iritasi.

“Saat memperkenalkan produk perawatan kulit baru, mulailah dengan menggunakannya lebih jarang, seperti setiap tiga hari sekali, dan secara bertahap tingkatkan frekuensinya sesuai toleransi,” jelas. Green.

Bahkan setelah Anda juga sebaiknya membatasi penggunaan asam tartarat maksimal sekali sehari.

“Seseorang yang memiliki kulit sangat sensitif atau alergi dapat mengalami iritasi jika menggunakan asam tartarat secara berlebihan atau menggabungkannya dengan produk keras seperti retinol,” tambah Green.

Terakhir, seperti halnya semua exfolian, kulit Anda mungkin lebih sensitif terhadap sinar matahari saat menggunakan asam tartarat. Karena itu, Green menyarankan untuk menggunakannya hanya pada malam hari dan lebih rajin mengaplikasikan tabir surya (SPF 50) setiap pagi.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat