uefau17.com

Meskipun Kecil, Biji Chia Ternyata Bermanfaat Buat Tubuh - On Off

, Jakarta Chia adalah salah satu jenis biji-bijian yang berasal dari tanaman bernama Salvia hispanica. Banyak tumbuh di daerah Meksiko, biji yang berbentuk kecil ini ternyata bermanfaat buat tubuh. Terutama di dunia kesehatan.

Siapa sangka, di dalam biji chia ternyata mengandung protein. Oleh sebab itu, jenis biji satu ini bisa dikonsumsi bersamaan dengan sarapan, oat, smoothies, atau makanan penutup. Selain itu, biji chia juga memiliki manfaat kesehatan lainnya.

Melansir laman timesnownews, Rabu (29/12/2021), berikut ini manfaat yang diberikan oleh biji chia buat tubuh.

1. Protein nabati

Seperti yang sudah disebutkan, biji chia mengandung protein nabati. Sekitar 26 gram biji chia atau setara dengan 5,6 gram protein setidaknya dapat memenuhi jumlah protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, biji ini juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otot, tulang, dan sel.

2. Kesehatan tulang

Selain mengandung protein, biji chia juga merupakan sumber nutrisi yang kaya akan kalsium, zat besi, dan protein. Oleh sebab itu, berarti biji chia juga berperan penting dalam mengatur kesehatan dan kekuatan tulang.

3. Kesehatan otak

Tidak hanya tulang, biji chia juga berguna untuk menjaga kesehatan otak. Sebab, biji chia merupakan sumber asam lemak omega 3. Jadi, untuk memenuhi asam lemak omega 3 tersebut Anda bisa mengonsumsi biji chia di samping makanan lain, seperti ikan berlemak. Nutrisi ini terbukti efektif dalam meningkatkan fungsi kognitif pada manusia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Membantu menurunkan berat badan

Menurut USDA, 28 gram biji chia mengandung sekitar 130 kalori dan 5,6 gram protein. Berkaitan dengan hal itu, mengonsumsi biji chia dalam jumlah sedang berarti dapat membantu menjaga tubuh tetap kenyang.

Dari situlah kemudian Anda tidak akan merasa lapar. Dengan kata lain, biji chia ini dapat membantu dalam proses manajemen berat badan. Namun, biji ini sebaiknya tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Sebab, kandungan kalorinya yang signifikan justru dapat menambah berat badan.

5. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Bila pencernaan sedang bermasalah, biji chia bisa menjadi solusinya. Ternyata biji chia juga merupakan sumber serat yang tinggi.

Menurut USDA, 28 gram biji chia mengandung sekitar 11,2 gram serat. Oleh karena itu, biji chia bisa dikatakan dapat sangat memengaruhi metabolisme dan pergerakan usus, sehingga membantu proses pencernaan dan menjaga tetap sehat.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat