uefau17.com

Siapa Belum Tahu? Kembang Sepatu Bermanfaat Lho Buat Kulit dan Rambut - On Off

, Jakarta Kembang sepatu yang memiliki nama lain Hibiscus punya beragam warna. Tumbuhan ini ternyata bukan sekadar bisa dijadikan sebagai tanaman hias di rumah. Siapa sangka kalau ternyata kembang sepatu ini bisa memberikan manfaat khususnya untuk kulit dan rambut.

Menurut mitologi Hindu, kembang sepatu ini milik dewi Kali. Kembang ini merupakan manifestasi dari energi primordial, mewakili pemberdayaan dan kehancuran. Sementara menurut para ahli, bunga ini melambangkan lidah dewi dan nafsu darah yang merasukinya.

Namun di balik itu semua, kembang sepatu ternyata bermanfaat untuk kulit dan rambut. Sebab, Hibiscus ini merupakan sumber yang kaya akan asam hidroksi. Kandungan ini dapat membantu membuat kulit menjadi lebih sehat dan cantik alami.

Selain itu, dikutip dari laman Timesnownews, Senin (30/08/2021), berikut ini beberapa manfaat dari kembang sepatu untuk kulit dan rambut.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Untuk Rambut

1. Merangsang pertumbuhan rambut

Asam amino yang terkandung di dalam kembang sepatu dapat membantu menyuburkan rambut. Alhasil kembang sepatu ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Bahkan selain itu, asam amino yang ada di dalam kembang sepatu dapat membantu menghasilkan keratin, ini merupakan bahan pembangun rambut. Keratin dapat memperkuat rambut dan membuatnya tidak mudah patah.

2. Membuat rambut halus

Selain mengandung asam amino, kembang sepatu juga mengandung banyak lendir. Lendir ini bisa berfungsi sebagai kondisioner alami untuk rambut.

Karena itulah, menggunakan kembang sepatu untuk rambut bisa membuatnya lebih halus. Berbeda dengan sampo atau bahan kimia lain yang justru mungkin membuat rambut rusak.

3. Mencegah kebotakan

Jangan diremehkan. Menurut Ayurveda, akar rambut bisa saja rusak karena kondisi panas tubuh yang berlebihan. Kerusakan ini pun akhirnya bisa membuat rambut banyak yang rontok sehingga kepala mungkin menjadi botak.

Untuk mengatas hal ini, kembang sepatu bisa menjadi solusinya. Caranya dengan menggiling 6-8 bunga dan daun kembang sepatu. Kemudian, terapkanlah pada area yang botak. Biarkanlah selama kurang lebih 3 jam. Setelah itu, baru cuci bersih.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Untuk Kulit

1. Antipenuaan

Hisbicus ini kaya akan antioksidan. Kandunga tersebut bisa membantu mengatasi kerusakan yang disebabkan oleh polutan, debu, sinar UV, dan sebagainya. Oleh karena itu, kembang sepatu juga bermanfaat untuk perawatan kulit sebagai anti penuaan.

2. Antiinflamasi

Selain kaya akan antioksidan, kembang sepatu juga memiliki efek antiinflamasi di dalamnya. Kandungan tersebut dapat membantu menenangkan kondisi kulit yang terasa terbakar, seperti terkena sengatan sinar matahari.

3. Membersihkan kulit

Terakhir, Hibiscus mengandung asam lembut yang memiliki sedikit efek pengelupasan pada kulit. Ini dapat membantu menghilangkan bintik-bintik penuaan. Selain itu, juga dapat membuat kulit terlihat lebih segar, muda, dan menenangkan.

 Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat