uefau17.com

Jokowi Sapa dan Bagikan Bingkisan ke Warga Usai Salat Idul Adha di Semarang - News

, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana menyapa warga Semarang usai Salat Idul Adha di kawasan Simpang Lima. Keduanya berjalan terpisah sembari melayani foto bersama dan selfie. Iriana juga tampak membagikan bingkisan untuk warga dengan dibantu oleh Paspampres.

Usai menyapa warga, keduanya menuju halaman Masjid Raya Baiturrahmahman untuk menyerahkan sapi kurban berjenis simental dengan berat 1.250 kg.

Sapi tersebut berlabel bantuan masyarakat Presiden Republik Indonesia. Diketahui, sapi tersebut berwarna cokelat dan berusia 5 tahun.

Usai menunaikan salat dan kurban, Jokowi dijadwalkan bersilaturahmi dengan rekan dan sahabat. Hal itu dikonfirmasi oleh Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin.

Menurut Ngabalin, Jokowi di penghujung masa baktinya sangat ingin bertemu sama dengan kawan lama. 

“Ini sebagai sapaan beliau kepada teman kawan sahabat yang lebih banyak di Jawa Tengah kemudian momentumnya juga bisa untuk lebih banyak lebih dekat untuk bersilaturahmi,” ujar Ngabalin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kenakan Jas dan Sarung Batik, Jokowi Tunaikan Salat Idul Adha di Semarang

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunaikan ibadah salat Idul Adha di Semarang, Jawa Tengah. Tepatnya di Masjid Raya Baiturrahman, kawasan Simpang Lima Semarang, Jawa Tengah, Senin (17/6/2024).

Pantauan via daring, Presiden Jokowi salat dengan didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Jokowi tampak mengenakan setelah jas berpeci dan bersarung batik. Selain itu tturut terlihat Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Sebagai informasi, Jokowi memulai salat ied pada pukul 06.30 WIB. Sebelumnya, info mantan Gubernur Jakarta itu menunaikan salat ied di Semarang dibenarkan oleh Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin saat dikonfirmasi awak media.

Menurut Ngabalin, ada sejumlah pertimbangan mengapa Presiden Jokowi memilih Semarang menjadi lokasi solat ied besok. Salah satunya, terkait agenda kunjugan kerja.

“Pertama kunjungan kerja, kedua  memang perjalanan presiden semua direncanakan karena selama jadi presiden dua periode hari hari besar  Islam hampir presiden tidak pernah ada di wilayah seperti Jawa Tengah (Semarang) itu,” kata Ngabalin seperti dikutip Minggu (16/6/2024).

Menurut Ngabalin, di penghujung masa baktinya, Jokowi sangat ingin bertemu sama dengan kawan lama. Maka dari itu, lanjut Ngabalin, Jokowi besok akan bersilaturahmi dengan sejumlah rekannya di Semarang.

“Ini sebagai sapaan beliau kepada  teman kawan sahabat yang lebih banyak di Jawa Tengah kemudian momentumnya juga bisa untuk lebih banyak  lebih dekat untuk bersilaturahmi,” jelas dia.

Ngabalin memastikan, agenda presiden besok tidak dadakan dan sudah dikonsultasikan agar berjalan baik.

“Ini memang kami bicarakan pada waktu mengagendakan rapat kemudian mengkonsultasikan ini kepada presiden,” dia menandasi.

3 dari 4 halaman

Hari Raya Idul Adha, Gibran hingga Presiden Jokowi Pilih Kurban Sapi Limosin

Tepat besok, Senin 17 Juni 2024, umat Muslim di Indonesia akan memeringati Hari Raya Idul Adha. Peringatan ini juga dikenal dengan Lebaran Haji atau Hari Raya Kurban.

Ada cukup banyak orang yang memilih berkurban saat Hari Raya Idul Adha. Misalnya putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga merupakan Wakil Presiden terpilih sekaligus Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Gibran memilih berkurban hewan sapi limosin dan diserahkan ke Masjid Al-Azhar, Jakarta.

"Oh iya tadi pagi Alhamdulillah dikirim dari Mas Gibran Wali Kota Solo, atau beliau wakil presiden RI kita mendatang, beliau (Gibran) menitipkan satu ekor sapi," kata Kepala Kantor Masjid Agung Al-Azhar Tatang Komara saat dihubungi, Sabtu 15 Juni 2024.

4 dari 4 halaman

Jokowi Kurbankan Sapi di Sulawesi Selatan

Tatang mengatakan, sapi jenis limosin dengan bobot 500 kilogram diantarkan langsung oleh staf dari Gibran Rakabuming Raka. Serah-terima dilakukan pada Sabtu 15 Juni 2024.

Tak hanya Gibran, sang ayah, Presiden Jokowi juga memilih sapi limosin sebagai hewan kurbannya. Jokowi kembali akan mengurbankan seekor sapi di wilayah Sulawesi Selatan.

Sapi limosin itu bakal dikurbankan di wilayah Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone pada perayaan Iduladha 1445 hijriah, Senin 17 Juni 2024.

"Sapi kurban dari Pak Jokowi akan dipotong di daerah Bone. Rencananya di sekitar Kecamatan Tanete Riattang," Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemprov Sulsel, Nurlina Saking kepada wartawan, Senin 10 Juni 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat