uefau17.com

Pj Gubernur Jakarta Dijadwalkan Akan Melaksanakan Salat Idul Adha di Sini - News

, Jakarta Penjabat (Pj) Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono akan melangsungkan Salat Idul Adha di Masjid Fatahillah, Balai Kota Jakarta.

"Pukul 06.30 WIB, Pj Gubernur mengikuti Salat Idul Adha 1445 H/2024 di Masjid Fatahillah, Balai Kota Provinsi DKI Jakarta," demikian informasi diterima, dikutip Minggu (16/6/2024).

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi atau Pemprov Jakarta berencana menyalurkan 621 ekor sapi kurban kepada warga Jakarta dalam rangka Idul Adha 1445 Hijriah. Pendistribusiannya akan dilakukan melalui masjid-masjid maupun organisasi kemasyarakatan (ormas).

"Kami akan berikan sapi ke berbagai tempat di sekitar Jakarta sesuai permintaan warga maupun ormas," kata Penjabat Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono usai meninjau Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Dharma Jaya, Cakung, Jakarta Timur, Jumat 14 Juni 2024.

Heru bersama Sekda Jakarta Joko Agus Setyono menyerahkan sapi kurban jenis limosin untuk dipotong di RPH Dharma Jaya. Menurut dia, sapi-sapi yang akan didistribusikan kepada masyarakat itu memiliki berat bervariasi, mulai dari 600 kilogram hingga 1 ton.

"Harganya juga bervariasi. Kemarin, saya lihat ada yang Rp30 juta, ada yang Rp42 juta. Tergantung beratnya," tuturnya. dilansir dari Antara.

Heru yang sempat melakukan pengecekan sapi menyebutkan sapi-sapi yang ada di Dharma Jaya sehat-sehat. Menurut Heru, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (KPKP) akan terus melakukan pengawasan terhadap tempat-tempat penampungan hewan kurban.

"Untuk mencegah penyakit, hewan-hewan kurban dikasih obat dan vitamin," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berharap Berjalan Lancar

​​​​​​Heru mengharapkan proses pemotongan dan pendistribusian daging hewan kurban berjalan lancar dan dilakukan dengan memperhatikan ramah lingkungan.

Penyelenggaraan pemotongan hewan kurban akan dilaksanakan pada 17 Juni 2024 dan akan disalurkan untuk penanggulangan masalah stunting atau tengkes dan panti sosial.

Dia mengimbau kepada masyarakat agar pendistribusian hewan kurban dilakukan dengan cara ramah lingkungan, seperti menggunakan wadah yang bisa dipakai berulang kali.

 

3 dari 3 halaman

Melakukan Monitoring

Sebelumnya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan, pihaknya telah melaksanakan supervisi dan monitoring pemeriksaan kesehatan hewan kurban di Tempat Penampungan Hewan Kurban (TPnHK).

"Hingga Kamis (13/6), pemeriksaan dilakukan di lima wilayah Kota Administrasi DKI Jakarta yang tersebar di 1.061 TPnHK, dengan total hewan yang telah diperiksa sebanyak 68.560 ekor," katanya.

Hewan kurban tersebut berasal dari Lampung, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat