uefau17.com

Chaowalit Thongduang, Buron Nomor 1 Thailand Pernah Bunuh Polisi dan Tembak Anggota Kehakiman - News

, Jakarta - Polri telah berhasil menangkap buronan nomor satu di negeri Gajah Putih yang melarikan diri ke Indonesia bernama Chaowalit Thongduang alias Sia Paeng Nanoo alias Sulaiman.

Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri Irjen Krishna Murti mengungkapkan bahwa Chaowalit Thongduang adalah pimpinan gangster di Thailand. Saat melarikan diri dari penjara, dia sempat membunuh para petugas baik aparat hukum maupun anggota kehakiman.

“Ketika kami mendapatkan perintah dari bapak kapolri dan didapatkan dari hasil koordinasi dengan pihak Thailand betapa seriusnya tersangka yang dihadapi gangster kelas satu,” ujarnya saat konferensi pers di Gedung Bareskrim Polri, Minggu 2 Juni 2024.

Menurut Krishna, Chaowalit telah melarikan diri dari penjara Thailand dan sudah berada di Indonesia selama tujuh bulan.

“Melarikan diri dari lapas selama 7 bulan berada di Indonesia dengan bunuh polisi dan menembak anggota kehakiman. Dan ini menjadi tekanan bagi aparatur penegak hukum di sana,” tambahnya.

Maka dari itu setelah di terbitkan red notice dari Interpol, proses pencarian yang dilakukan Polri pun akhirnya berhasil menangkap Chaowalit Thongduang yang ternyata sudah tujuh bulan berada di Indonesia.

“Pada saat penangkapan saya sampaikan dengan tegas kepada seluruh tim hati-hati mengingat pelaku adalah nomor 1 buronan di sana, apapun bisa terjadi. Hasil yang kami dapat pelaku dapat ditangkap tanpa perlawanan, meskipun semuanya sudah dikunci dalam segala titik,” tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerjasama Polri dan Polisi Thailand

Diketahui, Kerja sama antara Kepolisian Thailand dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam menangkap Chaowalit Thongduang (37) membuahkan hasil. Chaowalit yang merupakan buronan nomor satu Thailand itu ditangkap Polri di Bali.

“Telah berhasil menangkap buronan yang dianggap salah satu buronan nomor satu di Thailand atas nama Chaowalit Thongduang alias Pang Na-Node alias Sulaiman,” kata Kabareskrim Polri, Komjen Pol Wahyu Widada saat jumpa pers, Minggu (2/6/2024).

Wahyu menggungkapkan bahwa Chaowalit Thongduang merupakan terpidana yang memiliki sederet rekam jejak kriminal. Mulai dari kasus peredaran narkoba jaringan internasional sampai pembunuhan terhadap aparat.

“Buronan yang paling dicari di Thailand, oleh pihak otoritas Thailand, karena telah melakukan berbagai kejahatan sebelum akhirnya melarikan diri ke Indonesia untuk bersembunyi,” tuturnya.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat