uefau17.com

Kunjungi Kantor Pusat Dongfang Electric di Tiongkok, Puan Maharani Diperlihatkan Produksi Mobil Hidrogen - News

, Jakarta Ketua DPR RI Puan Maharani mengunjungi kantor pusat Dongfang Electric yang berada di Kota Chengdu, Provinsi Sichuan, dalam kunjungan kerjanya ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Dalam kesempatan itu, ia pun diperlihatkan produksi mobil bertenaga hidrogen. Adapun Puan bersama Delegasi DPR RI mengunjungi kantor pusat Dongfang Electric pada Jumat (31/5/2024).

Dongfang Electric Corporation Ltd (DEC) sendiri merupakan perusahaan peralatan dan jasa listrik yang mengembangkan, merancang, memproduksi dan menjual peralatan untuk pembangkit listrik tenaga air, termal, nuklir, angin, uap, dan panas matahari.

Kedatangan Puan disambut oleh jajaran direksi Dongfang Electric. Mulai dari Senior Vice President DEC Group Song Zhiyuan, Vice President DEC Group Li Jianhua, President Dongfang Turbine Chen Zhongming, Deputy Director International Business Department of DEC Zhuang Wenmin, dan jajaran lainnya.

DEC pun memiliki kantor dan puluhan proyek di Indonesia sejak tahun 2015.

Kepada Puan, jajaran direksi DEC menerangkan perkembangan pembangunan proyek yang tengah dilakukan, termasuk turbin-turbin pembangkit listrik tenaga air hingga tenaga nuklir. DEC juga membangun infrastruktur dan teknologi pengeboran minyak dan gas lepas pantai.

Politikus PDIP ini juga dijelaskan mengenai proyek-proyek DEC di Indonesia yang tersebar di sejumlah daerah seperti Poso, Pacitan, dan yang paling besar ada di Cilacap berupa PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) dengan memanfaatkan air laut atau menggunakan teknologi boiler Ultra Super Critical (USC).

"Berapa kapasitasnya,?" kata Puan yang sesekali bertanya tentang proyek DEC di Indonesia dalam keterangan yang diterima, Sabtu (1/6/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Puan Dorong Adanya Alih Teknologi dan Kerja Sama

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu pun mendorong adanya peningkatan alih teknologi dari kerja sama antara Indonesia dan Tiongkok. Puan berharap DEC juga banyak menggunakan tenaga kerja Indonesia dalam proyek-proyek di Tanah Air.

"Kami harapkan proyek-proyek investasi ini banyak merekrut SDM-SDM Indonesia, dan agar alih teknologi semakin ditingkatkan untuk anak-anak Indonesia dididik menjadi engineer maupun tenaga ahli lainnya," kata Puan.

Saat berbincang di ruang presentasi, wanita yang juga pernah menjadi Menko PMK ini juga disuguhkan video company profile DEC di mana Dongfang artinya adalah 'Timur'.

Puan pun tampak melihat arsip perjalanan DEC yang dipajang di lorong-lorong tembok kantor Dongfang.

 

3 dari 3 halaman

Kendaraan dengan Hidrogen

Setelah mendengarkan presentasi, Puan lalu diajak berkeliling kantor pusat Dongfang Elektric. Jajaran direksi DEC lantas menunjukkan produksi kendaraan berbahan bakar hidrogen.

Puan melihat bus hidrogen yang diberi nama Fuel Cell City Bus. Di lingkungan kantor Dongfang, bus ini sudah digunakan untuk mengangkut karyawan-karyawan.

Menurut jajaran DEC, bus tersebut mampu menempuh jarak sejauh 200 km hanya dengan pengisian hidrogen selama 10 menit.

Puan pun mendukung setiap upaya pengembangan energi baru terbarukan. Ia juga berharap kerja sama Indonesia dengan Tiongkok, termasuk melalui DEC dapat terus berkembang untuk kemajuan kedua negarq.

"Kami akan terus mendukung kerja sama investasi pemanfaatan energi terbarukan demi masa depan dunia yang lebih hijau," kata cucu Bung Karno itu.

"Semoga kerja sama-kerja sama ini dapat berguna bagi masyarakat kedua negara," tutup Puan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat