uefau17.com

KPK Geledah Kantor Setjen DPR Terkait Korupsi Pengadaan Rumah Dinas - News

, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan di Gedung Sekretariat Jenderal DPR RI terkait kasus dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa pada rumah jabatan Anggota DPR RI

"Benar ada kegiatan tersebut dalam rangka pengumpulan bukti perkara yang sedang KPK selesaikan," tutur Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Selasa (30/4/2024).

Berdasarkan informasi, salah satu ruangan yang digeledah adalah tempat kerja Sekjen DPR Indra Iskandar. Namun begitu, Ali tidak mengulas apalah proses penggeledahan itu masih berlangsung atau telah selesai, termasuk apa saja temuan penyidik.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menaikkan status kasus dugaan korupsi pengadaan rumah dinas DPR menjadi penyidikan. Kenaikkan status perkara ini setelah penyidik KPK mendapatkan bukti permulaan yang cukup.

"Bahwa betul, pimpinan, pejabat struktural di kedeputian penindakan termasuk penyelidik, dan penuntut, itu sudah bersepakat melalui sebuah gelar perkara, disepakati naik pada proses penyidikan," ungkap Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri kepada wartawan, Jumat (23/2/2024).

Namun demikian, hingga saat ini belum ada penetapan tersangka dalam perkara tersebut. Ali mengaku masih perlu dilakukan pengecekan Surat Perintah Penyidikan (Sprindik).

"(Sprindik) Nanti saya cek lagi," beber Ali.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

KPK Periksa Sekjen DPR Indra Iskandar

Sebelumnya, KPK sempat memeriksa Sekjen DPR Indra Iskandar, Rabu (31/5/2023). Indra diperiksa berkaitan dengan penyelidikan kasus dugaan korupsi.

"Bila masih pada tahap verifikasi pengaduan masyarakat maupun penyelidikan, kami tidak akan sampaikan karena itu masih proses awal kegiatan di penindakan," ujar Ali Fikri.

Pemeriksaan Indra ini memang tak ada dalam jadwal yang diterbitkan lembaga antikorupsi. Maka dari itu, Ali menyebut tak menginformasikan terkait pemeriksaan Indra kepada awak media.

"Bila kegiatan penyidikan dan penuntutan, kami pasti sudah informasikan kepada masyarakat melalui media sebagai bentuk transparansi KPK," kata Ali.

Indra Iskandar diperiksa sekitar 7 jam oleh tim lembaga antirasuah. Usai keluar dari gedung KPK, sekitar pukul 17.30, Indra tak bersedia memberikan keterangan apapun kepada awak media.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat