uefau17.com

Pantauan Puncak Arus Balik Lebaran 2024 - News

, Jakarta - Setelah merayakan Lebaran di kampung halaman, para pemudik akan balik ke dearah asal. Puncak arus balik pun diprediksi akan terjadi mulai akhir pekan ini.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk memproyeksikan arus balik Lebaran akan mulai meningkat sejak H+2 sampai dengan H+4 Hari Raya Idul Fitri 1445 H, atau pada Sabtu, 13 April 2024 hingga Senin, 15 April 2024.

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menjelaskan, realisasi volume lalu lintas mudik/keluar Jakarta pada periode Lebaran H-7 hingga H1 (3 April sampai dengan 11 April 2024) melalui 4 Gerbang Tol Utama (GT Cikampek Utama, GT Kalihurip Utama, GT Ciawi, GT Cikupa) mencapai 1,5 juta kendaraan. Meningkat 45,6 persen terhadap normal dan meningkat 0,8 persen terhadap Lebaran 2023.

"Kami perkirakan masih sekitar 206 ribu kendaraan belum melakukan perjalanan mudik. Jumlah ini merupakan 11,7 persen dari total prediksi Jasa Marga terhadap kendaraan yang melewati empat gerbang tol utama," jelas Subakti.

"Nantinya total lalu lintas yang mudik ini akan kembali bersama-sama menuju Jabotabek dalam waktu yang cukup singkat pada periode arus balik yang diprediksi akan terjadi puncaknya pada hari Senin, 15 April 2024 mendatang," imbuhnya.

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri juga memprediksi puncak arus balik lebaran akan terjadi pada Minggu dan Senin yaitu 14 sampai 15 April 2024 sesuai dengan pernyataan Menteri Berhubungan Budi Karya Sumadi.

"Hari Minggu dan Senin (puncak arus balik). Makanya kemarin Pak Menhub juga mengimbau untuk balik lebih awal, mulai hari ini," kata Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan di NTMC Polri, Jakarta.

"Jangan tunggu puncak (arus balik lebaran)," imbuhnya.

Untuk memantau berita terkait arus balik Lebaran 2024 selengkapnya, silakan klik tautan ini.

<p>Indomie</p>

Tradisi Mudik telah mengakar di masyarakat Indonesia. Setiap Lebaran, jutaan orang melakukan perjalanan menuju kampung halaman untuk berkumpul dengan keluarga. Mudik tidak lengkap tanpa menyantap makanan bersama keluarga, dan akan makin terasa bila dirayakan bareng Indomie Goreng Kebuli.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ada Diskon Tarif Tol Saat Arus Balik

Terlebih, lanjut Aan, ada diskon untuk tarif tol yang disediakan pemerintah guna mengantisipasi kepadatan volume kendaraan yang membludak di arus balik lebaran.

"Kami juga mengimbau menunda balik setelah tanggal 17, 18, 19 April 2024, tol juga memberi potongan harga di tanggal 17, 18, 19," jelas dia.

Aan berharap seluruh pemudik dapat memanfaatkan berbagai pilihan waktu perjalanan serta manfaat fasilitas yang diberikan pemerintah.

"Manfaatkan itu (diskon tarif tol), sehingga tidak semua di puncak arus. Silahkan para mungkin kementerian, lembaga, swasta, yang mungkin bisa bekerja melalui rumah, work from home, itu bisa dilaksanakan," Aan menandaskan.

3 dari 3 halaman

Infografis Rekayasa Lalu Lintas di Tol Saat Arus Mudik Lebaran 2024

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat