uefau17.com

Rizal Ramli Akan Dimakamkan Satu Liang Lahat dengan Istrinya Besok Kamis 4 Januari 2024 - News

, Jakarta - Jenazah mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Jakarta Selatan, besok Kamis 4 Januari 2024. Rencananya, Rizal Ramli dimakamkan satu liang lahat dengan istrinya Herawati Moelyono.

Hal tersebut merupakan amanat terakhir Rizal sebelum mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, Selasa 2 Januari 2024.

"Keluarga sudah berembuk semua. Besok ba'da Zuhur itu fix dimakamkan di TPU Jeruk Purut," ucap Tim komunikasi keluarga Rizal Ramli, Yosef Sampurna kepada wartawan, Rabu (3/1/2024).

"Karena memang istri beliau, Ibu Hera juga dimakamkan di sana. Jadi betul, beliau satu rumah lagi," sambung dia.

Pemakaman Rizal akan dilangsungkan besok sambil menunggu salah satu anaknya, Daisy Orlana Ramli yang saat ini ada Amerika Serikat dan sedang menuju ke Tanah Air.

Rizal meninggalkan tiga orang anak di antaranya dua orang perempuan dan satu orang laki-laki. "Daisy itu kemarin baru berangkat dari Amerika. Jadi besok pagi diperkirakan sudah sampai di Jakarta," jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kenangan Moeldoko dan Luhut Binsar Pandjaitan terhadap Rizal Ramli

Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia Moeldoko melayat ke rumah duka mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli. Dia menyebut, kehilangan rekan untuk berdiskusi.

"Secara pribadi saya kehilangan, kehilangan teman diskusi dan kehilangan teman yang kritis kritisan itu bagi saya yang ada di pemerintahan, saya gunakan sebagai obat penyembuh, obat penyehat. karena menurut saya sebuah pemerintahan yang begini besar Indonesia ini, seperti yang kita lakukan ini memang harus ada balancing," ucap Moeldoko di rumah duka Rizal, Rabu (3/1/2024).

Menurut dia, dengan kritikan dapat membangun sebuah pemerintahan, terlebih pemikiran - pemikiran yang kritis bersifat membangun.

"Kritisan itu harus bertumbuh dalam rangka membangun yang mengubah itu, pemerintah tidak alergi dengan itu, tetapi pemerintah sungguh menghormati kritisan kritisan itu bertumbuh, agar pemerintah semakin kuat. Bukan untuk upaya merongrong merusak struktur pemerintahan kita," tegas Moeldoko.

Ia pun menceritakan kenangan terakhirnya bersama Rizal Ramli yang sempat menemuinya ke kantor.

"Diskusi terakhir dengan Pak Rizal waktu beliau datang ke kantor saya waktu itu saya minum kopi, saudara saya menemani, biasa berbicara beliau cukup menyuarakan seperti 'seharusnya seperti ini Mas Moeldoko' 'iya bang..iya bang' itu yang biasa kita lakukan," tutur dia.

Di saat yang bersamaan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga melayat ke rumah Rizal. Salah satu kenangan yang diingatnya adalah pada saat bersekolah bersama di luar negeri.

"Wah banyak sekali. Dulu Rizal sekolah di Boston juga, saya juga dengan anak dengan istrinya Hera juga baik. Saya dengan Rizal sangat dekat sebenarnya. Suka saya marahin juga, kalau Hera istrinya, ini kan istrinya orang hebat," ceritanya.

Luhut mengatakan, mantan Menteri era Presiden Jokowi dan Gus Dur itu adalah sosok yang baik di matanya. Dia pun mendoakan semoga amal ibadah Rizal Ramli dapat diterima di sisi Allah SWT.

3 dari 3 halaman

Jokowi: Rizal Ramli Seorang Ekonom Cerdas dan Aktivis Kritis

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan ucapan duka cita atas meninggalnya mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli pada Selasa, 2 Januari 2024. Jokowi menyebut Rizal Ramli sebagai ekonom yang cerdas dan aktivis yang kritis.

"Turut berdukacita atas berpulangnya ke Rahmatullah, Bapak Rizal Ramli, mantan Menko Kemaritiman, kemarin di Jakarta," kata Jokowi melalui akun media sosial X (Twitter), @jokowi, Rabu (3/1/2024).

"Saya mengenal almarhum Rizal Ramli sebagai seorang ekonom cerdas dan aktivis yang kritis karena kecintaan terhadap bangsanya" sambungnya.

Dia mendoakan Rizal Ramli mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT. Jokowi juga berharap keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran.

"Semoga arwah almarhum mendapatkan tempat nan lapang di sisi Allah SWT dan segenap keluarga serta kerabat yang ditinggalkan kiranya diberi kesabaran," tutur dia.

 

 

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat