uefau17.com

Jokowi Sebut Suasana Hijau di IKN Membuat Penyakit Stroke dan Jantung Menjauh - News

, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meyakini suasana di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang hijau bisa membuat orang senang. Karena suasana yang asri itu pun diyakini Jokowi bisa mencegah penyakit stroke dan jantung.

Hal ini disampaikan Jokowi saat meresmikan dimulainya pembangunan proyek atau groundbreaking Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Jokowi menyebut, RSUP ini akan fokus menangani masalah jantung dan stroke.

"Memang konsentrasi rumah sakit umum pusat ini nantinya hanya di jantung dan stroke," kata Jokowi di IKN seperti dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (20/12/2023).

"Tapi kalau kita melihat kehijauan di sini oksigennya banyak, mestinya pikirannya senang strokenya menjauh lah menurut saya jantungnya juga menjauh karena apanya suasananya di sini adalah suasana hijau," sambungnya.

Jokowi meminta kepada siapapun yang membangun di IKN gedungnya mesti green building. Selain itu, lingkungannya juga harus hijau.

"Dan memang akan kita hijaukan, sehingga hari ini kita juga akan melakukan penghutanan kembali reforestasi, melakukan penghijauan penananaman pohon-pohon endemik," kata dia.

"Sekali lagi agar kawasan yang ada di Ibu Kota Nusantara ini menjadi sebuah kawasan yang sangat hijau yang di negara manapun tidak dijumpai ibu kota yang sehijau nusantara ini," pungkas Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Groundbreaking RSUP di IKN, Fokus Tangani Jantung dan Stroke

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan dimulainya pembangunan proyek atau groundbreaking Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. RSUP ini merupakan rumah sakit keempat yang dibangun di IKN.

RS yang telah melakukan groundbreaking di IKN adalah Rumah Sakit Hermina, Rumah Sakit Abdi Waluyo, dan Rumah Sakit Mayapada.

"Yang pertama rumah sakit Hermina, kedua rumah sakit Abdi Waluyo ketiga rumah sakit Mayapada. Dan hari ini kita groundbreaking lagi untuk rumah sakit umum pusat yang akan dibangun oleh pemerintah, setelah ini sudah antre lagi tiga rumah swasta," kata Jokowi di IKN seperti dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (20/12/2023).

Jokowi menyebut, RSUP ini akan fokus menangani masalah jantung dan stroke. Dia berharap, dengan banyaknya RS yang dibangun di IKN, maka warga Indonesia tidak perlu berobat ke luar negeri.

"Saya nggak tahu di Ibu Kota Nusantara ini kok berbondong-bondong orang mendirikan RS Ini nanti mestinya kalau sudah jadi semuanya tidak ada lagi masyarakat kita yang pergi ke Malaysia, Singapura, Jepang ke Amerika untuk kesehatannya Kita harapkan semuanya nanti bisa dilakukan di Indonesia," ucapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian secara resmi meresmikan rumah sakit umum pusat IKN tersebut.

"Dengan mengucap bismillah pada siang hari ini peletakan batu pertama groundbreaking rumah sakit umum pusat di Ibu Kota Nusantara secara resmi saya nyatakan dimulai, terima kasih," tutup Jokowi.

 

 

3 dari 3 halaman

Bertolak ke IKN, Jokowi Akan Tinjau Infrastruktur hingga Tanam Pohon Bersama

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Di sana, dia akan melaksanakan groundbreaking dan meninjau progres pembangunan infrastruktur di IKN.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima , Rabu (20/12/2023), Jokowi menuju ke IKN menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia 1. Jokowi tiba di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan sekitar pukul 09.55 WITA.

Jokowi disambut langsung oleh Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol. Nanang Avianto, Pangkoopsud II Marsda TNI Budi Achmadi, dan Danlantamal XIII/Tarakan Laksma TNI Deni Herman.

Dari Balikpapan, Presiden Jokowi langsung melanjutkan perjalanan menuju IKN. Setibanya di sana, Presiden akan melaksanakan groundbreaking Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Ibu Kota Nusantara hingga Nusantara Superblock.

Di samping itu, Jokowi juga diagendakan untuk melaksanakan penanaman pohon di sejumlah lokasi yang berada di IKN, antara lain di area Sumbu Kebangsaan hingga lokasi Rehabilitasi Hutan dan Lahan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju Provinsi Kalimantan Timur yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Militer Mayjen TNI Rudy Saladin, serta Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat